PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK ELEKTRONIK BERBASIS KONSERVASI UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD 5 KLALING KABUPATEN KUDUS


Gita Rofiana Nur, 1401418038 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK ELEKTRONIK BERBASIS KONSERVASI UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD 5 KLALING KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418038 - Gita Rofiana Nur.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dapat dirancang oleh guru sebelum pelaksanaan pembelajaran agar dapat terlaksana dengan optimal. Kegiatan pembelajaran yang optimal dapat dilakukan dengan media pembelajaran sebagai alat untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru, mengembangkan desain media, menguji kelayakan dan keefektifan media komik elektronik berbasis konservasi untuk peningkatan hasil belajar pada muatan pembelajaran IPA kelas IV SD 5 Klaling Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, oleh Borg and Gall yang meliputi: potensi dan masalah, mengumpulkan data, desain produk, revisi desain, uji coba, revisi produk dan uji pemakaian. Adapun model pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu, analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 5 Klaling Kabupaten Kudus dengan 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari analisis kelayakan media dan analisis data berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan media komik elektronik berbasis konservasi dibutuhkan guru dan layak digunakan dalam pembelajaran. Penilaian validator menyatakan sangat layak. Media tersebut juga efektif untuk peningkatan hasil belajar pada muatan pembelajaran IPA. Simpulan pada penelitian ini yaitu media komik elektronik berbasis konservasi dibutuhkan oleh guru, layak dan efektif untuk digunakan dalam peningkatan hasil belajar pembelajaran IPA. Disarankan media komik elektronik berbasis konservasi digunakan oleh guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Konservasi, Media Komik Elektronik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Jan 2023 04:36
Last Modified: 11 Jan 2023 04:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54975

Actions (login required)

View Item View Item