PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU ELEKTRONIK BERBASIS BOOK CREATOR UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SD N 1 PURWOSARI KABUPATEN KUDUS


Rizkha Dwi Wahyu Sri, 1401418034 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU ELEKTRONIK BERBASIS BOOK CREATOR UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SD N 1 PURWOSARI KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418034 - Rizkha Dwi Wahyu Sri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SD N 1 Purwosari Kabupaten Kudus khususnya di kelas II. Ditemukan salah satu permasalaham yaitu kurangnya media pembelajaran dan sumber belajar yang kurang menarik perhatian siswa dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan menguji keefektifan media pembelajaran buku elektronik berbasis book creator terhadap hasil belajar matematika kelas II SD N 1 Purwosari Kabupaten Kudus pada muatan pembelajaran matematika materi pengukuran (pengukuran panjang, berat dan waktu). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Research and Development (R&D). Prosedur penelitian dilaksanakan mengacu pada model pengembangan menurut Borg and Gall meliputi tahap: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi desain; (8) uji coba pemakaian. Lokasi penelitian di SD N 1 Purwosari Kabupaten Kudus. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas II SD N 1 Purwosari Kabupaten Kudus yang berjumlah 45 siswa dan dilakukan pada rentang waktu 5 Januari 2022 sampai 10 Juni 2022. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu media buku elektronik berbasis book creator dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa kelas II SD N 1 Purwosari Kabupaten Kudus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, data dokumentasi dan angket. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, dan analisis data akhir dengan uji t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku elektronik berbasis book creator ini didesain dengan menarik, sehingga siswa dan guru memberikan tanggapan sangat positif. Selain itu e-book ini sangat layak digunakan, karena presentase penilaian ahli materi sebesar 92,1% dan ahli media sebesar 95,3%. Media e-book ini juga efektif digunakan dalam pembelajaran matematika kelas II khususnya materi pengukuran. Hal ini dibuktikan dengan uji T-Test mendapatkan nilai signifikannya ≤ 0,05 yang berarti Ha diterima Ho ditolak. Kemudian N-Gain yang diperoleh sebesar 0,4824 dengan kategori sedang, karena N-gain berada diposisi 0,3 ≤ g ≤ 0,7. Simpulan dari penelitian ini adalah media buku elektronik berbasis book creator ini sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas II SD N 1 Purwosari Kabupaten Kudus. Saran penelitian selanjutnya dapat memberikan motivasi untuk menggunakan media yang inovatif serta berbasis IT sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Matematika; Media buku elektronik berbasis Book Creator
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Jan 2023 04:32
Last Modified: 11 Jan 2023 04:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54974

Actions (login required)

View Item View Item