PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI POWTOON UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN PPKn SISWA KELAS II SDN 06 PURWOHARJO KABUPATEN PEMALANG


Prisma Winda Aniva Nutqi, 1401418033 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI POWTOON UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN PPKn SISWA KELAS II SDN 06 PURWOHARJO KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418033 - Prisma Winda Aniva Nutqi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian di SDN 06 Purwoharjo ditemukan permasalahan yaitu hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn masih rendah. Guru juga belum menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia sebagai alat bantu mengajar seperti media gambar, kartu huruf dan mengambil video dari internet dan youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan media video animasi berbasis powtoon pada mupel PPKn kelas II SDN 06 Purwoharjo. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Research and Development (R&D.) Model pengembangan Borg & Gall dengan 8 langkah. Subjek penelitian ini terdiri dari subjek uji coba kecil yang berjumlah 6 siswa pada kelas II, dan subjek skala besar berjumlah 23 siswa di kelas II SDN 06 Purwoharjo Kabupaten Pemalang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Terdapat 2 variabel yaitu media pembelajaran berbasis animasi video powtoon sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa kelas II pada muatan pelajaran PPKn sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes yaitu (pre-test dan post-test) dan non tes yang terdiri dari (wawancara, observasi dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian ini yaitu pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon yang memuat desain: (1) Judul media; (2) Pemetaan kompetensi dasar; (3) Tujuan pembelajaran; (4) Prolog video pembelajaran; (5) Video pembelajaran; (6) Kuis Pertama; (7) Kuis Kedua; (8) Contoh cerita; (9) Referensi; (10) Ucapan terimakasih. Media pembelajaran berbasis animasi video powtoon mendapatkan kategori ―sangat layak‖ dengan persentase kelayakan penyajian sebesar 87,5%, dan kelayakan isi sebesar 98%. Berdasarkan uraian tersebut media video animasi powtoon efektif digunakan dengan perhitungan uji t diperoleh t hitung 9,022 > t tabel 2,069, maka Ha diterima dan hasil peningkatan rata-rata (N-gain) sebesar 0,44 yang termasuk dalam kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis video animasi powtoon sangat layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran PPKn kelas II SDN 06 Purwoharjo Kabupaten Pemalang. Media powtoon memiliki kebaharuan yaitu dengan diunggah ke youtube dan disajikan dalam bentuk DVD (Digital Video Disk). Saran penelitian selanjutnya dapat mengembangkan dan memperbaiki tampilan desain agar lebih efektif dan efisien

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PPKn, Animasi Video Powtoon, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:37
Last Modified: 11 Jan 2023 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54966

Actions (login required)

View Item View Item