ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 7 DI TINJAU DARI ASPEK KOMPETESI PEDAGOGIK GURU KELAS V SD N CIHAUR 01 KABUPATEN BREBES


Sri Windasari, 1401418021 (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 7 DI TINJAU DARI ASPEK KOMPETESI PEDAGOGIK GURU KELAS V SD N CIHAUR 01 KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418021 - Sri Windasari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan suatu upaya sadar dan terencana dalam rangka mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik, dimana pelaksanaan pembelajaran di sekolah tentu saja membutuhkan peran penting guru sebagai komponen penting pelaksana pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus. Objek penelitian yang digunakan adalah guru kelas V SD N Cihaur 01. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis miles and huberman yang dilakukan secara interaktif meliputi collection atau pengumpulan data, reduction atau reduksi data, display atau penyajian data dan conclusions atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan proses pembelajaran pada pembelajaran tematik tema 7 subtema 2 pembelajaran 1 disusun dengan 3 komponen inti yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah dan assessment sesuai dengan Surat Edaran No. 14 Tahun 2019. (2) Pelaksanaan proses pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan yang mencakup kegiatan orientasi, apersepsi, motivasi. Kegiatan inti dengan penggunaan model kontesktual, metode belajar sambil bermain dengan pelaksanaan berbasis literasi baca, C4 dan HOTS dengan media pembelajaran berbasis audio visual. Kegiatan penutup mencakup pemberian refleksi dan tindak lanjut. (3) Evaluasi proses pembelajaran pembelajaran meliputi penilaian proses pembelajaran dengan melakukan tanya jawab dan pemberian assessment berbasis HOTS dan tindak lanjut (4) Kendala yang ditemui guru kelas v dalam pelaksanaan pembelajaran berkaitan dengan menurunnya motivasi dan semangat belajar. Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran berjalan dengan baik, guru kelas V menerapkan semua kriteria pembelajaran dan cakupan kompetensi kemudian memberikan evaluasi atau asessmen yang mencakup 3 ranah penilaian serta kegiatan remidial bagi peserta didik yang mendapatkan nilai dibawah rata-rata. Saran peneliti bagi guru, guru harus tetap berupaya untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran agar pengemasan pembelajaran lebih menarik dengan penggunaan media pembelajaran yang lebih modern.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran tematik; Tema 7 subtema 2 pembelajaran 1 peristiwa proklamasi kemerdekaan; Kompetensi pedagogik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:51
Last Modified: 11 Jan 2023 02:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54955

Actions (login required)

View Item View Item