PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI PAKINTELAN 01 KOTA SEMARANG
Ratna Pertiwi, 1401418019 (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI PAKINTELAN 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Ditemui beberapa permasalahan pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri Pakintelan 01 Semarang terkait bahan ajar. Kendala lain adalah penerapan model pembelajaran yang kurang maksimal serta pemanfaatan IT dalam pembelajaran yang belum optimal. Oleh karena itu, diperlukan adanya alternatif bahan ajar yang dapat menjawab permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain, menguji kelayakan, serta menguji keefektifan E-LKPD berbasis Problem Based Learning sebagai bahan ajar pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Pakintelan 01 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pakintelan 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Kelayakan produk dinilai oleh validator media dan materi serta guru dan siswa. Keefektifan produk di uji menggunakan teknik analisis data awal dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta analisis data akhir melalui uji t berpasangan dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain E-LKPD berbasis Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPA kelas V materi siklus air berhasil dikembangkan. E-LKPD berbasis Problem Based Learning layak digunakan bersadarkan penilaian validator media dengan persentase 86% dan validator materi sebesar 94,5% dengan kategori sangat layak. Siswa dan guru memberikan tanggapan yang positif dengan persentase 100%. E-LKPD berbasis Problem Based Learning efektif meningkatkan hasil belajar siswa sesuai uji t berpasangan dan uji N-gain. Berdasarkan uji t berpasangan pada uji coba kelompok kecil dengan hasil t hitung(53,311)>t tabel(2,447) dan uji t berpasangan pada uji coba kelompok besar dengan hasil t hitung (8,709)>t tabel (2,055) maka Ha diterima. Uji N-gain dengan hasil sebesar 0,808 dengan kategori tinggi pada uji coba kelompok kecil dan 0,5861 dengan kategori sedang pada uji kelompok coba besar. Simpulan penelitian ini adalah desain E-LKPD Berbasis Problem Based Learning berhasil dikembangkan, sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Pakintelan 01 Kota Semarang. Saran peneliti adalah untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Problem Based Learning sebagai bahan ajar pada muatan pelajaran lain dengan modifikasi dan inovasi yang lebih menarik
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar, E-LKPD, Problem based learning, IPA |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 02:41 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 02:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54951 |
Actions (login required)
View Item |