PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF LIFT THE FLAP BOOK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI PAKINTELAN 01 KOTA SEMARANG
Vina Kumala Dewi, 1401418016 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF LIFT THE FLAP BOOK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI PAKINTELAN 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil pra penelitian di SD Negeri Pakintelan 01 Kota Semarang yang dilakukan melalui wawancara dengan guru kelas IV, observasi serta dokumen hasil belajar siswa kelas IV, ditemukan bahwa proses pembelajaran IPA belum optimal. Hal ini dipengaruhi oleh media pembelajaran berbasis IT yang digunakan untuk menyampaikan materi kurang inovatif dan terbatas pada media yang tersedia di internet, serta model pembelajaran yang belum sesuai menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Sehingga peneliti mengembangkan media interaktif Lift The Flap Book berbasis inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi karakteristik, menguji kelayakan, dan keefektifan media interaktif Lift The Flap Book pada muatan pelajaran IPA materi gaya dan gerak. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi desain, dan uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pakintelan 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif Lift The Flap Book berbasis inkuiri terbimbing dinyatakan oleh ahli media sebesar 95,5 %, dan persentase penilaian dari ahli materi 90% dengan kriteria “Sangat Layak”, didukung dengan penilaian siswa sebesar 90% yang berada pada kriteria “Sangat Baik” dan penilaian guru 92,5% juga berada pada kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan uji t dilakukan menggunakan uji paired sample t-test diperoleh bahwa t hitung > t tabel yaitu 7,409 > 2,051 yang artinya Ho ditolak. Yang artinya terdapat perbedaan signifikansi hasil belajar siswa pada pada muatan pelajaran IPA materi gaya dan gerak kelas sebelum dan sesudah menggunakan media interaktif Lift The Flap Book berbasis inkuiri terbimbing. Dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa (n-gain) sebesar 0,47 (sedang). Simpulan penelitian ini adalah media interaktif Lift The Flap Book berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA materi gaya dan gerak. Saran dalam penelitian ini yaitu dengan efektifnya media interaktif ini guru sebaiknya meningkatkan keterampilan IT untuk mengembangkan media interaktif Lift The Flap Book berbasis inkuiri terbimbing dengan tampilan yang semenarik mungkin sesuai dengan kebutuhan siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri Terbimbing, IPA, Media Interaktif |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 02:13 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 02:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54944 |
Actions (login required)
View Item |