PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE CERDAS BERBASIS GAME EDUKASI PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD N MUKTIHARJO 01 PATI


Putri Ummi Yulidha, 1401418014 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE CERDAS BERBASIS GAME EDUKASI PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD N MUKTIHARJO 01 PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418014 - Putri Ummi Yulidha.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Intergritas muatan Bahasa Indonesia dalam pelaksanaan tematik terlihat dari kegiatan-kegiatan yang mengarah pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan berbahasa dengan baik dan benar. Sedangkan untuk mencapai penguasaan pengetahuan dan keterampilan dibutuhkan alat guna mempermudah pemahaman peserta didik. Data pra penelitian yang dilakukan di SD N Muktiharjo 01 Pati melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, menunjukan bahwa terdapat permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terkait banyak minat peserta didik terhadap pelajaran Bahasa Indonesia tetapi media yang disediakan terbatas dan kurang inovatif sehingga menjadikan peserta didik kesulitan untuk memahami materi. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah dan tujuan pada penelitian ini yaitu mengembangkan desain media pembelajaran menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media Puzzle Cerdas Berbasis Game Edukasi. Berdasarkan rumusan masalah tersebut peneliti mengembangkan media Puzzle Cerdas Berbasis Game Edukasi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). model pengembangan yang digunakan mengacu pada teori Brog and Gall dengan Langkahlangkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Subjek peneliti ini adalah kelas III SD N Muktiharjo 01 Pati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir (uji t dan uji gain). Hasil penelitian menunjukan media Puzzle Cerdas Berbasis Game Edukasi sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan presentasi penilaian ahli materi sebesar 93% , ahli media 95%, dan ahli Bahasa sebesar 95%. Selain itu media pembelajaran Puzzle Cerdas Berbasis Game Edukasi digunakan dalam pembelajaran dengan hasil perhitungan uji t kelompok kecil

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Hasil belajar; Bahasa Indonesia; media pembelajaran Puzzle Cerdas Berbasis Game Edukasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:01
Last Modified: 11 Jan 2023 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54939

Actions (login required)

View Item View Item