PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS BUDAYA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI TASIKSONO KABUPATEN REMBANG


Meia Cahyaningtyas, 1401418012 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS BUDAYA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI TASIKSONO KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418012 - Meia Cahyaningtyas.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan prapenelitian yang telah dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi di kelas IV SD Negeri Tasiksono Kabupaten Rembang menunjukkan beberapa permasalahan dalam muatan pelajaran IPS yaitu masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif. Kurangnya sumber belajar yang bervariatif, guru berpedoman menggunakan Buku Guru dan Buku Siswa pada pembelajaran. Akibatnya, siswa cenderung malas belajar, kurang tertarik, mudah bosan, dan tingkat membacanya rendah. Hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall oleh Sugiyono. Peneliti menggunakan model penelitian pengembangan Borg & Gall hanya sampai pada tahap ke 8 yaitu sebagai berikut: (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi desain, (5) Revisi desain; (6) Uji coba produk; (7) Revisi produk; dan (8) Uji coba pemakaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pop-up book berbasis budaya pada muatan pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Tasiksono Kabupaten Rembang yang telah dikembangkan dinyatakan sangat layak oleh ahli media memperoleh persentase kelayakan penyajian 98%. Penilaian kelayakan komponen materi dari ahli materi memperoleh persentase 95% termasuk kriteria sangat layak. Media pop-up book berbasis budaya juga dinyatakan sangat layak oleh ahli bahasa yaitu memperoleh persentase kelayakan komponen bahasa 92,5% termasuk kriteria sangat layak. Sehingga media pop-up book berbasis budaya sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPS. Hasil uji-t pada perhitungan manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pop-up book, IPS, budaya.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:58
Last Modified: 11 Jan 2023 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54937

Actions (login required)

View Item View Item