ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PEMBELAJARAN TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SDN CIHAUR 01 BANJARHARO KABUPATEN BREBES
Tia Rantika, 1401418010 (2022) ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PEMBELAJARAN TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SDN CIHAUR 01 BANJARHARO KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat dan bangsa. Pelaksanaan pendidikan tidak akan berjalan lancar jika tidak ada guru dan peserta didik karena itu merupakan faktor utama bisa terjadinya proses pendidikan, guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan peserta didik. Tetapi, keberhasilan pembelajaran peserta didik akan sulit dicapai jika peserta didik tidak memiliki motivasi yang tinggi, maka dari itu disini peran guru sangatlah penting untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tema 7 di SDN Cihaur 01. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik tema 7, (2) Hambatan yang dialami guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik tema 7 SDN Cihaur 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui teknin observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, peran guru sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik, hambatan yang yang alami dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu alat peraga dan sarana prasarana yang masih kurang lengkap karena di SDN Cihaur 01 berada didaerah yang masih pelosok desa, selain itu peserta didik sudah terpengaruh oleh handphone. Upaya untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan cara membuat alat peraga sederhana yang dibuat oleh guru itu sendiri dan memotivasi peserta didik supaya lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran dengan mencontohkan orang-orang yang sudah berhasil ataupun dari pengalam sendiri. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa guru di SDN Cihaur 01 sudah melaksakan peran-peran guru dengan baik, yaitu guru sebagai motivator, dan guru sebagai fasilitator bagi peserta didiknya. Dalam menjalankan perannya guru sudah berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV SDN Cihaur 01. Saran peneliti bagi guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu untuk lebih kreatif dalam membuat alat peraga supaya peserta didik penasaran dan lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru; Motivasi Belaja |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 01:54 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 01:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54935 |
Actions (login required)
View Item |