PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV B SD ISLAM AL FALAH MARGASARI KABUPATEN TEGAL


Lutfi Nur Azizah, 1401418008 (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV B SD ISLAM AL FALAH MARGASARI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418008 - Lutfi Nur Azizah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kedisiplinan peserta didik dalam belajar merupakan salah satu yang wajib diperhatikan oleh orang tua. Bagaimana orang tua tetap bisa memperhatikan belajar anak disamping pekerjaanya. Salah satu yang harus dilakukan orang tua untuk menghasilkan pendidikan yang baik yaitu dengan memperhatikan kedisiplinan belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan belajar di kelas IV B SD Islam Al Falah Margasari Kabupaten Tegal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IV B, orang tua dan peserta didik kelas IV B SD Islam Al Falah Margasari Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Miles dan Huberman. Sedangkan Uji keabsahan data yang digunakan yaitu uji kredibilitas, uji keteralihan, uji kebergantungan, uji objektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan belajar anak berperan sebagai pendidik, motivator, dan fasilitator. Kedisiplinan belajar mencakup disiplin waktu, disiplin belajar, dan disiplin menaati aturan/tata tertib. Kendala yang dijumpai orang tua dalam mendisiplinkan anak yaitu belum ada kesadaran disiplin dari anak, dan pekerjaan orang tua. Solusi untuk mengatasi kendala dalam mendisiplinkan anak yaitu dengan penanaman disiplin oleh orang tua secara optimal, dan memperhatikan perkembangan anak. Saran yang diberikan untuk orang tua hendaknya bisa memberikan contoh perilaku yang baik kepada anak, orang tua juga dapat mengajari disiplin anak secara bertahap. Guru diharapkan dapat menjalin komunikasi yang lebih baik dengan orang tua peserta didik, agar orang tua peserta didik dapat mengetahui perkembangan anaknya selama disekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua; Kedisiplinan Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:45
Last Modified: 11 Jan 2023 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54931

Actions (login required)

View Item View Item