HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP METODE PEMBELAJARAN STORYTELLING DAN DISIPIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn DI KELAS III GUGUS SRIKANDI KOTA SEMARANG


Sheila Maharani, 1401418007 (2022) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP METODE PEMBELAJARAN STORYTELLING DAN DISIPIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn DI KELAS III GUGUS SRIKANDI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418007 - Sheila Maharani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Hasil Belajar peserta didik menjadi salah satu penentu keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Pembelajaran storytelling dan disiplin menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas III SDN Gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Semarang diketahui bahwa materi pelajaran PPKn yang sangat banyak membuat siswa mudah bosan jika hanya membaca mandiri serta rendahnya tingkat disiplin belajar. Tujuan penelitian ini yaitu: (1)Menguji hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap metode pembelajaran storytelling dengan hasil belajar PPKn di kelas III Gugus Srikandi Kota Semarang, (2)Menguji hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar PPKn di kelas III Gugus Srikandi Kota Semarang, (3)Menguji hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap metode pembelajaran storytelling dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar PPKn di kelas III Gugus Srikandi Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Semarang yang berjumlah 123 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan proportional random sampling (sampling berimbang). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan: (1) adanya hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap metode pembelajaran storytelling dengan hasil belajar PPKn, nilai rhitung = 0,711 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 19,7%; (2) adanya hubungan yang signifikan antara Disiplin belajar dengan hasil belajar PPKn, nilai rhitung = 0,456 dan termasuk kategori sedang serta berkontribusi sebesar 50,6%; (3) adanya hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap metode pembelajaran storytelling dan disiplin belajar dengan hasil belajar PPKn, nilai rhitung = 0,717 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 51,2%; Simpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap metode pembelajaran storytelling dan disiplin belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas III SDN Gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Semarang. Saran bagi guru diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dalam bercerita dan disiplin belajar siswa sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang optimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar; hasil belajar; persepsi siswa; metode pembelajaran storytelling
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Jan 2023 00:16
Last Modified: 11 Jan 2023 00:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54930

Actions (login required)

View Item View Item