PENGEMBANGAN E–MODUL FLIPBOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SDN KAUMAN 02 BATANG
Sukma Maulidia Rahma, 1401418006 (2022) PENGEMBANGAN E–MODUL FLIPBOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SDN KAUMAN 02 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN Kauman 02 Batang melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi menunjukkan bahwa terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait keterbatasan bahan ajar dan sumber belajar IPS sehingga proses pembelajaran menjadi kurang variatif dan inovatif. Guru hanya menggunakan buku pegangan guru dan buku siswa serta buku BSE. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan E-modul Flipbook Berbasis Kearifan Lokal. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah kelas V SDN Kauman 02 Batang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk berupa analisis kelayakan media dan analisis tanggapan guru dan siswa, analisi data awal berupa uji normalitas, dan analisis data akhir berupa uji t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase penilaian ahli media sebesar 93,75%, ahli materi 92,18%, dan ahli bahasa sebesar 82,81% serta persentase angket tanggapan guru sebesar 100% dan angket tanggapan siswa sebesar 100%. Keefektifan emodul ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji t sebesar 5,871 dan peningkatan rata-rata (N-gain) data preetest dan posttest sebesar 0,37 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah E-modul Flipbook Berbasis Kearifan Lokal layak dan efektif digunakan pada muatan pelajaran IPS materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan dan Pengaruhnya dapat menjadi alternatif media yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran efektif. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah dengan memperbaiki tampilan desain, menambah gambar, dan video yang memiliki keterkaitan dengan lingkungan sekitar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, Flipbook, Kearifan Lokal, IPS |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 00:13 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 00:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54929 |
Actions (login required)
View Item |