PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI KELAS IVA SD ISLAM AL FALAH MARGASARI KABUPATEN TEGAL


Lulu’ah Lutfiah, 1401418003 (2022) PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI KELAS IVA SD ISLAM AL FALAH MARGASARI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418003 - Lulu'ah Lutfiah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia pada tahun 2020 hingga 2022 awal ialah menggunakan sistem pembelajaran daring. Pembelajaran daring memberikan berbagai dampak, salah satunya yaitu muncul problema jati diri peserta didik seperti lunturnya moralitas peserta didik. Hal ini menjadi alasan pentingnya pelaksanaan penguatan pendidikan karakter. Apabila tidak segera diatasi, penerus bangsa Indonesia tidak memiliki karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penguatan pendidikan karakter (PPK) dalam pembelajaran tatap muka di kelas IVA SD Islam Al Falah Margasari Kabupaten Tegal berdasarkan 18 nilai karakter sesuai dengan landasan pelaksanaan pendidikan karakter Permendikbud No 20 Tahun 2018 Pasal 2. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, pendidik kelas IVA, dan peserta didik kelas IVA SD Islam Al Falah Margasari Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Miles dan Huberman. Sedangkan Uji keabsahan data yang digunakan yaitu uji kredibilitas, reliabilitas, dan konfirmibilitas. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan penguatan pendidikan karakter (PPK) dalam pembelajaran tatap muka di kelas IVA SD Islam Al Falah Margasari Kabupaten Tegal yaitu dengan mengintegrasikan 18 nilai karakter dalam aktivitas pembelajaran melalui metode-metode yang saling melengkapi. Adapun metode yang digunakan yaitu: 1) Program sekolah dan penyediaan fasilitas sekolah; 2) Pembiasaan; 3) Keteladanan; 4) Pembinaan; 5) Penguatan; dan 6) Pembelajaran. Kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter yaitu penggunaan gadget, lingkungan keluarga dan masyarakat, teman bermain. Solusi untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter yaitu melalui pembinaan, dan koordinasi dengan orang tua peserta didik. Saran yang diberikan yaitu untuk kepala sekolah hendaknya membuat kebijakan yang mendukung proses pelaksanaan pendidikan karakter. Pendidik harus selalu menjadi teladan dan lebih kreatif dalam mengembangkan metode pelaksanaan pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Penguatan; Pembelajaran Tatap Muka.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Jan 2023 00:09
Last Modified: 11 Jan 2023 00:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54928

Actions (login required)

View Item View Item