HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SBdP KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN CIREBON


Tantri Chaerunnisa, 1401417425 (2022) HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SBdP KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN CIREBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417425 - tantri chaerunnisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan orangtua dan motivasi belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menguji ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara bimbingan orangtua terhadap motivasi belajar terhadap hasil belajar SBdP Pada Pada Pembelajaran Siswa Kelas V SDN Gugus Ki hajar Dewantara Kabupaten Cirebon. (2) Menguji ada tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar SBdP Pada Pembelajaran Siswa Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantar Kabupaten Cirebon. (3) Menguji ada tidaknya hubungan yang signifikan antara bimbingan orangtua terhadap motivasi belajar dengan hasil belajar SBdP Pada Pembelajaran Siswa Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Cirebon. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling adalah pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Untuk menentukan anggota mana yang akan dijadikan sumber data, maka pengambilan sampelnya berdasarkan daerah populasi yang telah ditetapkan. Sampel penelitian ini diambil dari empat SD Negeri yang ada di Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Cirebon dengan jumlah 109 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Sumbangan variabel Bimbingan Orang Tua dengan Hasil Belajar SBdP sekitar 36,8% sedangkan sisanya 63,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti; 2) Sumbangan variabel motivasi belajar dengan Hasil Belajar SBdP sekitar 39,5% sedangkan sisanya 60,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti; dan 3) Sumbangan variabel Bimbingan Orang Tua dan motivasi belajarterhadap Hasil Belajar SBdP sebesar 39,8% sedangkan sisanya 60,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orangtua, Motivasi Belajar, Hasil Belajar SBdP
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 08:30
Last Modified: 10 Jan 2023 08:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54927

Actions (login required)

View Item View Item