PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS I SDN WATES 02
Laila Putri Kemalasari, 1401417407 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS I SDN WATES 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Kegiatan pembelajaran disekolah tidak hanya terlepas dari suatu masalah namun masih adanya keterbatasan media pembelajaran dan rendahnya keterampilan membaca siswa yang diperoleh dari hasil wawancara, angket dan dokumentasi di kelas I SDN Wates 02. Dengan demikian, peneliti melakukan pengembangan dengan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan media macromedia flash untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I SDN Wates 02. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Dengan model pengembangan Borg and Gall oleh Sugiyono (2017) dengan tahap pengembangan media meliputi, (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian. Teknik analisis data diperoleh dari wawancara, angket, tes dan dokumen. Data penelitian diperoleh dari angket kebutuhan guru dan angket kebutuhan siswa. Data validasi diperoleh dari validasi ahli media dan validasi ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran macromedia flash terdapat beberapa menu yaitu profil pengembang, KI/KD, tujuan pembelajaran, teks bacaan, pengelompokan gambar, video pembelajaran dan quiz; (2) menguji kelayakan produk diperoleh dari ahli media sebesar 100% sedangkan ahli materi dan bahasa sebesar 85,7% yang termasuk kriteria sangat layak; (3) menguji kefektifan penggunaan media dibuktikan pada hasil uji perbedaan dengan uji t-test mendapatkan nilai sig. (2-tailed) pretest dan posttest 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan rata-rata pretrest dan posttest. Peningkatan hasil belajar keterampilan (n-gain) siswa diperoleh nilai pretest sebesar 61.7 dan nilai posttest sebesar 84.9 dengan perolehan n-gain sebesar 0.60 dalam kriteria sedang. Simpulan penelitian yaitu, 1) Pengembangan media pembelajaran macromedia flash menggunakan teori borg and gall. 2) Kriteria penilaian kelayakan materi dan media sangat layak. 3) media pembelajaran macromedia flash efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan membaca, macromedia flash, media pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 08:19 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 08:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54926 |
Actions (login required)
View Item |