ANALISIS KESESUAIAN MATERI SBdP POKOK BAHASAN SENI TARI PADA BUKU GURU DAN BUKU SISWA DALAM KURIKULUM 2013 KELAS V SDN GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN KUDUS


Amung Sari Pratiwi, 1401417388 (2022) ANALISIS KESESUAIAN MATERI SBdP POKOK BAHASAN SENI TARI PADA BUKU GURU DAN BUKU SISWA DALAM KURIKULUM 2013 KELAS V SDN GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417388 - Amung Sari Pratiwi.pdf] PDF - Published Version
Download (9MB)

Abstract

Buku Guru dan Buku Siswa sebagai pedoman dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Oleh sebab itu, Buku Guru dan Buku Siswa harus sesuai dengan Kurikulum 2013. Perbaikan dalam buku teks merupakan bentuk evaluasi dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Kegiatan evaluasi pada perbaikan buku teks bertujuan untuk memperbaiki kekurangan dari buku teks tersebut. Kekurangan dapat diketahui melalui kegiatan analisis. Berdasarkan wawancara dengan Guru Kelas V Gugus Diponergo Kabupaten Kudus diperoleh informasi bahwa guru tidak menganalisis Buku Guru dan Buku Siswa secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian antara Buku Guru dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013 pada Kelas V pembelajaran SBdP materi seni tari Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik, triangulasi teknik, uraian rinci, dan auditing. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) KI dan KD dalam Buku Guru dan Buku Siswa telah sesuai dengan Kurikulum 2013 namun perlu adanya perbaikan materi SBdP seni tari kelas V pada tema 2 pembelajaran 2, pembelajaran 5, dan pembelajaran 6 yang harus disesuaikan dengan KD 3.3 Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah dan KD. 4.4 Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi daerah.; (2) Tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian dalam Buku Guru dan Buku Siswa secara keseluruhan telah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu adanya sedikit perbaikan dan pengembangan. Kesimpulannya adalah Buku Guru dan Buku Siswa di Kelas V khususnya pembelajaran SBdP seni tari Sekolah Dasar termasuk buku yang memiliki kualitas cukup baik namun perlu perbaikan dan pengembangan pada beberapa aspek. Saran ditujukan pada guru, berdasarkan temuan penelitian dapat menjadi bekal bagi guru untuk melakukan analisis Buku Guru dan Buku Siswa, dan sebagai referensi bagi guru ketika akan membelajarkan pembelajaran SBdP materi seni tari

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku siswa; buku guru; seni tari.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 08:13
Last Modified: 10 Jan 2023 08:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54925

Actions (login required)

View Item View Item