PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN CERME 2 KABUPATEN KEDIRI


Kurnia Aqsho Novina, 1401417374 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN CERME 2 KABUPATEN KEDIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417374 - Kurnia Aqsho Novina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam pembelajaran IPS, yaitu media pembelajaran dan hasil belajar siswa. Berdasarkan data prapenelitian di SDN Cerme 2 ditemukan permasalahan berupa keterbatasan penggunaan media pembelajaran pada pembelajaran IPS, sedangkan cakupan materi pada muatan pelajaran IPS sangat luas dan guru masih belum maksimal memanfaatkan IT sebagai media pembelajaran, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan desain media pembelajaran video animasi berbasis powtoon, menguji kelayakan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon, dan menguji keefektifan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono menggunakan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Cerme 2 Kabupaten Kediri yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk berupa analisis kelayakan media serta analisis tanggapan guru dan siswa, analisis data awal berupa uji normalitas, dan analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Media pembelajaran yang dikembangkan berbentuk video animasi yang dibuat menggunakan aplikasi powtoon dengan konsep gambar dan tulisan seolah-olah bergerak; (2) Media pembelajaran video animasi berbasis powtoon layak digunakan dengan persentase penilaian oleh ahli materi sebesar 87% (sangat layak) dan ahli media sebesar 81% (layak); (3) Media pembelajaran video animasi berbasis powtoon efektif digunakan dengan hasil uji perbedaan rata-rata (uji t) dengan menggunakan paired sample ttest diperoleh thitung sebesar -8,09 dan ttabel dengan α = 5% sebesar 2,06. Sehingga menghasilkan thitung > ttabel yaitu 8,09 > 2,06, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest, serta peningkatan rata-rata (Ngain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,556 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran video animasi berbasis powtoon layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi interaksi manusia dengan lingkungan alam kelas V SDN Cerme 2 Kabupaten Kediri. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon pada materi IPS yang lain maupun muatan pelajaran lainnya dengan memperbaiki tampilan desain pengembangan agar lebih efektif dan efisien

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Media Pembelajaran, Video Animasi Berbasis Powtoon
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 07:16
Last Modified: 10 Jan 2023 07:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54919

Actions (login required)

View Item View Item