PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLIPBOOK ENCYCLOPEDIA BERBANTUAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN GUNUNGPATI 03 KOTA SEMARANG


Syifa Hanum Salsabila, 1401417368 (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLIPBOOK ENCYCLOPEDIA BERBANTUAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN GUNUNGPATI 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417368 - SYIFA HANUM SALSABILA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitian di SDN Gunungpati 03 Kota Semarang yang dilakukan melalui wawancara dengan guru kelas IV, observasi serta dokumen hasil belajar siswa kelas IV, ditemukan bahwa proses pembelajaran IPS belum optimal. Hal ini dipengaruhi oleh media pembelajaran berbasis IT yang digunakan untuk menyampaikan materi kurang inovatif dan terbatas, serta model pembelajaran yang belum sesuai menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Sehingga peneliti mengembangkan multimedia interaktif flipbook encyclopedia berbantuan model discovery learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi karakteristik, menguji kelayakan, dan keefektifan multimedia interaktif flipbook encyclopedia. pada muatan pelajaran IPS materi sumber daya alam. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi desain, dan uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gunungpati 03 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif flipbook encyclopedia berbantuan model discovery learning dinyatakan oleh ahli media sebesar 90,6 %, dan persentase penilaian dari ahli materi 93,75% dengan kriteria “Sangat Layak”, didukung dengan penilaian siswa sebesar 87,8% yang berada pada kriteria “Sangat Baik” dan penilaian guru 90% juga berada pada kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan uji t dilakukan menggunakan uji paired sample ttest diperoleh bahwa t hitung > t tabel yaitu 6,210 > 2,262 yang artinya Ho ditolak. Yang artinya terdapat perbedaan signifikansi hasil belajar siswa pada pada muatan pelajaran IPS materi sumber daya alam kelas sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif flipbook encyclopedia berbantuan model discovery learning. Dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa (n-gain) sebesar 0,51 (sedang). Simpulan penelitian ini adalah multimedia interaktif flipbook encyclopedia berbantuan model discovery learning layak digunakan dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPS materi sumber daya alam. Saran dalam penelitian ini yaitu dengan efektifnya media interaktif ini guru sebaiknya meningkatkan keterampilan IT untuk mengembangkan multimedia interaktif flipbook encyclopedia berbantuan model discovery learning dengan tampilan yang semenarik mungkin sesuai dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, IPS, Multimedia Interaktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 07:12
Last Modified: 10 Jan 2023 07:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54916

Actions (login required)

View Item View Item