PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TARI TRADISIONAL DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA KELAS IV SDN BUNIWAH 01 KABUPATEN TEGAL


Santika Artianur Putri, 1401417329 (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TARI TRADISIONAL DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA KELAS IV SDN BUNIWAH 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417329 - Santika Artianur Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembentukan karater dapat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Salah satu strategi dalam pembentukan karakter di lingkungan sekolah adalah dengan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari. Dengan adanya ekstrakurikuler seni tari di SD dapat digunakan untuk mengasah bakat minat yang dimiliki siswa dan untuk menumbuhkan nilai karakter yang baik pada siswa untuk bekal masa depannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu: Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, karakter siswa dalam kegiatan pembelajaran, dan nilai-nilai karakter yang terdapat pada materi tari yang diterapkan dalam pembelajaran ekstrakurikuler seni tari dalam membentuk karakter siswa kelas IV SDN Buniwah 01 Kab Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, lokasi penelitian di SDN Buniwah 01 Kab Tegal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini termasuk dalam kategori baik. Bentuk karakter siswa kelas IV SDN Buniwah 01 Kabupaten Tegal yang tampak pada pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional berupa karakter disiplin, mandiri, tanggung jawab, kerjasama, serta rasa ingin tahu berada dalam kategori sangat baik. Pengintegrasian pendidikan karakter pada pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional melalui pembiasaan-pembiasaan perilaku positif. Bentuk karakter yang tampak yang dilakukan oleh guru dan siswa merupakan hasil dari bimbingan dan pembiasaan positif guru pada pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional dapat membentuk karakter siswa kelas IV di SDN Buniwah 01 Kab Tegal. Saran dalam penelitian ini yaitu: a) Siswa sebaiknya lebih bersungguh-sungguh dalam belajar menari dan bisa menerapkan karakter yang didapat selama pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. b) Guru sebaiknya menyempurnakan pembelajaran sesuai dengan prosedur pembelajaran yang tepat. c) Sekolah sebaiknya mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari tradisional seperti menambah ruangan latihan dengan dinding kaca untuk tempat siswa berlatih tari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler tari tradisional ;karakter;pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 07:05
Last Modified: 10 Jan 2023 07:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54914

Actions (login required)

View Item View Item