PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK INTERAKTIF TENTANG PENGGUNAAN HURUF KAPITAL UNTUK PENINGKATANKETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG PADA SISWA KELAS II SDN 02 SIDOHARJO WONOGIRI
Anisa Eka Indriyani, i 1401417268 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK INTERAKTIF TENTANG PENGGUNAAN HURUF KAPITAL UNTUK PENINGKATANKETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG PADA SISWA KELAS II SDN 02 SIDOHARJO WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data yang diperoleh dari pra penelitian di SDN 2 Sidoharjo Wonogiri melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi diketahui bahwa terdapat permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran muatan bahasa Indonesia yakni terbatasnya sumber belajar yang kurang variatif serta berbatas pada buku cetak. Rumusan masalash dalam penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan, kelayakan, serta kefektifan bahan ajar elektronik flipbook interaktif. Peneltian bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan bahan ajar elektronik flipbook interaktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model yang dikembangkan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) penumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; dan (8) uji coba pemakaian. Populasi peneltitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas II SDN 2 Sidoharjo Wonogiri sejumlah 20 siswa. Pada bulan FebruariNovember 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analaisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Variabel penelitian ini adalah bahan ajar elektronik flipbook interaktif sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa kelas II pada muatan bahasa Indonesia sebagai variabel terikat. Hasil peneltian menunjukkan pengembangan bahan ajar elektronik flipbook interaktif sangat layak digunakan dengan presentase skor oleh ahli media sebesar 87,50%, oleh ahli materi dan ahli bahasa masing-masing 89,06% dan 85,94% dengan kriteria sangat layak. Media ini efektif digunakan dengan uji paired sample t test diperoleh nilai thitung ≤ -ttabel yaitu -43.304 ≤ -1,729 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan n-gain memperoleh 0,864 kategori sangat tinggi. Simpulan penelitian adalah bahan ajar elektronik flipbook interaktif sangat layak dan efektif digunakan pada muatan pelajaran bahasa Indonesia materi penggunaan huruf kapital dalam menulis tegak bersambung. Saran bahan ajar elektronik flipbook interaktif perlu dipdukan dengan metode pembelajaran yang sesuai, dukungan lingkungan pembelajar, dan kemampuan pembelajar sendiri sehingga pembelajaran berlangsung secara efektif. Penerapan bahan ajar flipbook interaktif perlu disertai dengan penggunaan metode pembelajaran yang sesuai sehingga pembelajaran menjadi efektif. Selain itu, perlu adanya pengembangan pada materi maupun mupel yang lain dengan disertai dengan kemajuan teknologi terbaru
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Indonesia, flibook interaktif, bahan ajar elektronik |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 07:01 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 07:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54912 |
Actions (login required)
View Item |