PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL “BEGUNA” BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERNYANYI LAGU NASIONAL SISWA KELAS IV SD NEGERI BALAPULANG WETAN 03


Rizki Mulyani, 1401417242 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL “BEGUNA” BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERNYANYI LAGU NASIONAL SISWA KELAS IV SD NEGERI BALAPULANG WETAN 03. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417242 - Rizkiki Mulyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang terdapat di SD Negeri Balapulang Wetan 03 yaitu rendahnya keterampilan bernyanyi lagu nasional pada siswa yang dikarenakan kurangnya pengetahuan siswa mengenai materi bernyanyi lagu nasional serta terbatasnya media pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran bernyanyi lagu nasional. Hal tersebut yang menjadi alasan peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran e-modul berbasis android untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam bernyanyi lagu nasional.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji keefektifan dan kelayakan serta mendeskripsikan hasil belajar psikomotorik penggunaan media pembelajaran e-modul “Beguna” di kelas IV SD Negeri Balapulang Wetan 03. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Sampel pada penelitian ini adalah 5 siswa kelas IV SD Negeri Balapulang Wetan 03 yang mewakili jumlah populasi dari 30. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang menggunakan analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas serta analisis data akhir dengan uji t dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran emodul “Beguna” berbasis android sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan oleh ahli materi sebesar 90% dan kelayakan oleh ahli media sebesar 100%. Media pembelajaran e-modul “Beguna” efektif digunakan dibuktikan dengan hasil uji t, dengan nilai signifikansi (Sig.) 0,01 < 0,05 dan thitung yang lebih besar dari ttabel yaitu 14,905 > 2,776. Berdasarkan hal tersebut Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil rata-rata nilai pretest sebesar 49,00 dan posttest sebesar 87,00 yang digunakan untuk melakukan uji N-Gain. Dari uji N-Gain terjadi peningkatan hasil belajar dari perolehan rata-rata pretest dan posttest psikomotorik yaitu sebesar 0,74 dengan kriteria tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran e-modul “Beguna” berbasis android layak digunakan dalam pembelajaran SBdP materi bernyanyi lagu nasional serta efektif untuk meningkatkan keterampilan bernyanyi lagu nasional siswa kelas IV SD Negeri Balapulang Wetan 03. Saran yang diberikan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran e-modul “Beguna” berbasis android dapat digunakan sebagai media belajar siswa dan dapat dijadikan bahan kajian dalam pengembangan media pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Android; E-Modul; Keterampilan Bernyanyi; Lagu Nasional; Media Pembelajaran; Lagu Nasional
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 04:21
Last Modified: 10 Jan 2023 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54905

Actions (login required)

View Item View Item