PENGEMBANGAN E-MODUL TEKNIK DASAR SENAM LANTAI BERBASIS POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 8 WONOSOBO


Ilyas Maulana, 1401417162 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL TEKNIK DASAR SENAM LANTAI BERBASIS POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 8 WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417162 - Ilyas Maulana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di SDN 8 Wonosobo ditemukan permasalahan berupa kurangnya penggunaan media pembelajaran menjadikan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media E-Modul Teknik Dasar Senam Lantai Berbasis Power Point untuk meningkatakan keterampilan senam lantai siswa kelas VI SDN 8 Wonosobo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media e-modul dalam meningkatakan keterampilan senam lantai siswa kelas VI SDN 8 Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono yang menggunakan 10 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data;(3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) Revisi Produk Akhir; (10) Hasil Produk Akhir. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 8 Wonosobo sejumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk berupa analisis kelayakan media serta analisis tanggapan guru dan siswa, analisis data awal berupa uji normalitas, dan analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa media e-modul sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 92,5%, dan kategori sangat layak berdasarkan ahli materi sebesar 89,06%. Hasil uji t yaitu thitung = 9,21138 > ttabel = 1,98972, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media e-modul efektif digunakan pada pembelajaran PJOK terhadap keterampilan senam lantai. Hal ini diperkuat oleh N-gain data pretest dan posttest sebesar 0,406 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media e-modul layak dan efektif digunakan pada pembelajaran muatan PJOK materi senam lantai kelas VI. Saran penelitian selanjutnya dapat mengembangkan media e-modul pada materi lain dengan memperbaiki tampilan desain agar lebih efektif dan efisien

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Modul berbasis power point, Keterampilan gerak, Senam lantai, PJOK
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 04:03
Last Modified: 10 Jan 2023 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54902

Actions (login required)

View Item View Item