PENGEMBANGAN MEDIA ELECTRONIC COMIC (E-COMIC) BERBASIS LITERASI SAINS MUATAN PEMBELAJARAN IPA MATERI RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA KELAS VI SDN 2 BOJA


WENY TANIA, 1401417137 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA ELECTRONIC COMIC (E-COMIC) BERBASIS LITERASI SAINS MUATAN PEMBELAJARAN IPA MATERI RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA KELAS VI SDN 2 BOJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417137 - Weny Tania.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra-penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SDN 2 Boja terdapat permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran muatan IPA yaitu terbatasnya media pembelajaran berbasis teknologi untuk mendukung terlaksananya pembelajaran jarak jauh, terbukti dengan nilai PAS (Penilaian Akhir Semester) siswa kelas VI muatan pembelajaran IPA yang menunjukkan 23 dari 29 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Sehingga peneliti merumuskan masalah penelitian mencangkup bagaimana desain pengembangan media e-comic berbasis literasi sains, kelayakan pengembangan media e-comic berbasis literasi sains, dan keefektifan pengembangan media e-comic berbasis literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media, menguji kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran E-comic berbasis literasi sains pada materi Rangkaian listrik sederhana kelas VI SDN 2 Boja. Jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model penelitian yang diterapkan oleh Sugiyono yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk skala kecil, revisi produk, uji coba produk skala besar, revisi produk dan produk akhir. Subjek penelitian ini terbagi menjadi subjek uji coba kecil yakni 9 siswa dan guru kelas VI SDN 3 Boja serta subjek uji pemakaian skala besar berjumlah 29 siswa dan guru kelas VI SDN 2 Boja beserta 2 ahli. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan kelayakan produk, analisis data awal dan analisis data akhir (uji t dan uji N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran e-comic berbasis literasi sains berhasil dikembangkan dengan kategori sangat layak berdasarkan presentase sebesar 95% oleh ahli materi dan media. Respon yang diberikan guru maupun siswa berada pada kategori sangat baik dengan persentase 97,33% (guru) dan 97,85% (siswa). Selain itu, melalui analisis data diketahui bahwa e-comic berbasis literasi sains terbukti efektif meningkatkan hasil belajar. Dibuktikan melalui analisis uji t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050 yang berarti terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkannya media e-comic berbasis literasi sains. Hasil uji peningkatan ratarata (N-Gain) diperoleh N-gain kelas sebesar 0,64 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media e-comic berbasis literasi sains berhasil dikembangkan, layak digunakan, serta efektif meningkatkan hasil belajar materi rangkaian listrik di kelas 6. Saran penelitian ini adalah penulis berharap media ecomic berbasis literasi sains diharapkan mampu dikembangkan lebih luas lagi pada materi dan muatan pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-comic, IPA, Literasi Sains.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:54
Last Modified: 10 Jan 2023 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54899

Actions (login required)

View Item View Item