ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN KELAS III TEMA ENERGI DAN PERUBAHANNYA SD NEGERI SE-KOTA TEGAL


Vivi Arlini, 1401417111 (2022) ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN KELAS III TEMA ENERGI DAN PERUBAHANNYA SD NEGERI SE-KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417111 - Vivi Arlini.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pada kegiatan pembelajaran guru hendakanya melakukan proses evaluasi pembelajaran guna mengetahui tingkat pengetahuan peserta didiknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kualitas butir soal pilihan ganda dan uraian kelas III tema Energi dan Perubahannya dalam PAT SD Negeri seKota Tegal jika ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa? dan Bagaimana tingkat distribusi jenjang ranah kognitif taksonomi Bloom pada butir soal pilihan ganda dan uraian kelas III tema Energi dan Perubahannya dalam PAT SD Negeri se-Kota Tegal?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Mendeskripsikan dan menganalisis kualitas butir soal pilihan ganda dan uraian serta distribusi jenjang ranah kognitif taksonomi Bloom pada soal PAT III tema Energi dan Perubahannya SD Negeri se-Kota Tegal. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Proses analisis butir soal dilakukan dengan menggunakan teknik panel sesuai dengan Permendiknas tahun 2008.Selanjutnya, hasil yang didapatkan setelah proses analisis melalui teknik panel akan dilakukan spesifikasi domain menggunakan skala empat-point. Berdasarkan hasil perhitungan validitas isi, dapat disimpulkan bahwa pada aspek materi, konstruksi,dan bahasa soal pilihan ganda dan uraianPAT Tema energi dan perubahannya kelas III SD se-Kota Tegal dikategorikan “sangat tinggi”. Hasil penilaian jenjang ranah kognitif pada soal pilihan ganda PAT Tema energi dan perubahannya kelas III SD se-Kota Tegal secara keseluruhan mendapatkan hasil 5 (12,%5) butir soal dengan kategori Mengingat (C1), 18 (45%) butir soal dengan kategori Memahami (C2), dan 13 (32,5%) butir soal dengan kategori Mengaplikasikan (C3). Hasil analisis pada soal Uraian mendapatkan hasil 9 (45%) butir soal berkategori Mengingat (C1), 8 (40%) butir soal berkategori Memahami (C2), dan 3 (15%) butir soal berkategori Mengaplikasikan (C3). Saran dari penulis yakni pembuat soal hendaknya lebih memperhatikan instrumen pembuatan soal agar soal yang dihasilkan bersifat reliabel dan layak untuk diujikan kepada peserta didik. Guru hendakanya melakukan analisis butir soal pada soal tes yang akan diujikan kepada peserta didik agar mengetahui tingkat kualitas butir soal yang akan diujikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis butir soal; validitas isi aspek bahasa; validitas isi aspek konstruksi; validitas isi aspek materi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:45
Last Modified: 10 Jan 2023 03:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54896

Actions (login required)

View Item View Item