PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK WRITING BERBASIS KESENIAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA MUATAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR


Veronika Tebai, 1401416504 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK WRITING BERBASIS KESENIAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA MUATAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416504 - Veronika Tebai.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 02 Sampangan pada siswa kelas III terdapat beberapa permasalahan dalam pembelajaran, antara lain motivasi belajar siswa rendah, guru belum mengoptimalkan media pembelajaran yang inovatif, keterampilan siswa dalam menulis masih rendah, kemampuan mengolah kata rendah, serta kesulitan dalam mengembangkan ide atau gagasan kedalam bahasa tulis. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana desain, kelayakan dan keefektivan pengembangan media pembelajaran BigBook Writing berbasis kesenian untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana Bahasa Indonesia siswa kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan uji efektivitas Media Big book Writing Berbasis Kesenian untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang telah disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan penelitian dan diadaptasi Sugiyono menggunakan 8 langkah yaitu (1) potensi masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 02 Sampangan yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media BigBook Writing berbasis kesenian yang dikembangkan sesuai analisis kebutuhan siswa dan guru dalam pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indoensia Kelas III Sekolah Dasar; 2) Hasil penilaian uji kelayakan Media BigBook Writing Berbasis Kesenian dinyatakan sangat layak digunakan; 3) Media BigBook Writing Berbasis Kesenian cukup efektiv dalam ketrampilan peserta didik menulis karangan sederhana mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 SD dengan hasil Uji N-Gain Score dengan 0,30 ≤ N-Gain (0.5137 & 0.5545) ≤ 0,70 kriteria “sedang” (cukup efektif) dan hasil Uji parsial sampel t-Test diperoleh nilai Signifikansi 0.000 < 0.05,sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil data pretest dan postest. Simpulan penelitian ini adalah Media BigBook Writing berbasis kesenian yang dikembangkan sangat layak digunakan dan efektif digunakan dalam meningkatan keterampilan menulis karangan sederhana siswa SD. Saran penelitian adalah media BigBook Writing dapat dikembangkan sesuai dengan ragam model belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media BigBook Writing, Menulis Karangan Sederhana, Bahasa Indonesia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:41
Last Modified: 10 Jan 2023 03:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54893

Actions (login required)

View Item View Item