HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PEMBENTUKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA KELAS IV SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KALIWUNGU SELATAN


Fillia Aieni Hunainisa, 1401416462 (2022) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PEMBENTUKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA KELAS IV SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KALIWUNGU SELATAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416462 - Fillia Aieni Hunainisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan keluarga dan pola asuh orang tua merupakan faktor yang dapat mempengauhi pembentukan sikap sopan santun. Jika setiap keluarga memiliki lingkungan dan pola asuh yang baik maka akan baik pula pola kepribadian anak. Keluarga merupakan lingkungan pertama yang berpengaruh dalam membentuk pola kepribadian anak. Berdasarkan penelitian diperoleh informasi bahwa masih adanya peserta didik yang kurang bersikap sopan santun terhadap orang lain dengan faktor yang mempengaruhinya yaitu lingkungan keluarga dan pola asuh orang tua. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan antara lingkungan keluarga dengan pembentukan sikap sopan santun siswa kelas IV Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kaliwungu Selatan, (2) menguji hubungan antara pola asuh orang tua dengan pembentukan sikap sopan santun siswa kelas IV Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kaliwungu Selatan. (3) menguji hubungan antara lingkungan keluarga dan pola asuh orang tua dengan pembentukan sikap sopan santun siswa kelas IV Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kaliwungu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 265 siswa kelas IV SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal dan sampel sebanyak 109 siswa dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan pembentukan sikap sopan santun, yaitu dengan nilai rhitung 0,752, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan pembentukan sikap sopan santun, yaitu dengan nilai rhitung 0,358, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan pola asuh orang tua dengan pembentukan sikap sopan santun, yaitu dengan nilai rhitung 0,786. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan pola asuh orang tua dengan pembentukan sikap sopan santun siswa kelas IV SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kaliwungu Selatan. Saran dalam penelitian ini adalah guru Guru lebih memperkuat komunikasi dengan orang tua agar orang tua memberikan perhatian kepada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lingkungan keluarga, pola asuh orang tua, pembentukan sikap sopan santun
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:34
Last Modified: 10 Jan 2023 03:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54890

Actions (login required)

View Item View Item