HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA IPA KELAS V SDN GUGUS GAJAHMADA KOTA SEMARANG
Amalia Citra Dewi, 1401416389 (2022) HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA IPA KELAS V SDN GUGUS GAJAHMADA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan pada kelas V SDN Gugus Gajahmada Kota Semarang menunjukkan hasil belajar siswa muatan IPA masih rendah. Berdasarkan pra penelitian wawancara dengan guru, di dapatkan bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah media pembelajaran dan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menguji hubungan antara media pembelajaran dengan hasil belajar IPA kelas V SDN Gugus Gajahmada Kota Semarang; (2) menguji hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA kelas V SDN Gugus Gajahmada Kota Semarang; (3) menguji hubungan antara media pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA kelas V SDN Gugus Gajahmada Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 125 siswa kelas V SDN Gugus Gajahmada Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sebanyak 125 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media pembelajaran dengan hasil belajar IPA, kontribusi variabel media pembelajaran termasuk dalam kategori kuat, dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,601 > 0,1757, dan berkontribusi sebesar 36,1%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA, kontribusi variabel motivasi belajar ternasuk dalam kategori kuat, dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,621 > 0,1757, berkontribusi sebesar 38,6%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA siswa, kontribusi variabel media pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar tersebut termasuk dalam kategori kuat, dengan nilai rhitung lebih > rtabel yaitu 0,625> 0,1757, dan berkontribusi sebesar terhadap hasil belajar sebesar 39%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA kelas V SDN Gugus Gajahmada Kota Semarang. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa diharapkan dapat mengoptimalkan media pembelajaran yang ada dan motivasi belajar untuk meningkatkan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; media pembelajaran; dan motivasi belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 03:29 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 03:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54889 |
Actions (login required)
View Item |