PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH BINAAN 6 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES


Rino Purwo Prihantoro, 1401416386 (2022) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH BINAAN 6 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416386 - RINO PURWO PRIHANTORO.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah dan beberapa guru di SDN Binaan 6 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, diperoleh informasi bahwa kinerja guru di sekolah sudah cukup baik tetapi belum sepenuhnya sama karena masing-masing guru memiliki perbedaan dan tidak dapat memberikan berapa jumlah persentase untuk mengetahui kinerja guru dalam pembelajaran di sekolah. Kinerja guru dipengaruhi oleh motivasi dan kemampuan, kemampuan yang dimaksud yaitu kompetensi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: “Bagaimana pengaruh motivasi kerja dan kompetensi guru terhadap kinerja guru di SDN Binaan 6 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan kompetensi guru terhadap kinerja guru di SDN Binaan 6 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru di SDN Binaan 6 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes yang berjumlah 55 guru. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling Nonprobability Sampling yaitu sampling jenuh sehingga semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda (R), koefisien determinan (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai thitung ≥ ttabel yaitu 2.321 > 2.004 dengan pengaruh sebesar 9,2% dan niai R positif; (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi guru terhadap kinerja guru dengan nilai thitung ≥ ttabel yaitu 6.681 > 2.004 dengan pengaruh sebesar 45,7% dan nilai R positif; (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi kerja dan kompetensi guru terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel (28.443 > 3,175) dengan pengaruh sebesar 52,2%. Disimpulkan bahwa motivasi kerja dan kompetensi guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SDN Binaan 6 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Saran peneliti harus ada peningkatan motivasi kerja khususnya dalam melaksanakan pekerjaanya kurang berusaha untuk mengungguli orang lain, serta peningkatan kompetensi guru khususnya melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan meningkatkan kerjasama antar guru baik dari segi motivasi maupun kompetensi sehingga membuat tercapainya kinerja yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, kompetensi guru, motivasi kerja.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:24
Last Modified: 10 Jan 2023 03:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54883

Actions (login required)

View Item View Item