PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK KETERAMPILAN MENULIS CERITA FIKSI SISWA KELAS IV SDN 01 MUDAL KABUPATEN WONOSOBO


Muh Luthfi Khusnawan, 1401416211 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK KETERAMPILAN MENULIS CERITA FIKSI SISWA KELAS IV SDN 01 MUDAL KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416211 - Muh Luthfi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu muatan belajar yang disampaikan di SD. Adanya kesenjangan latar belakang yuridis, teoretis, dan empiris yaitu penelitian-penelitian sebelumnya mengenai pengembangan media buku cerita bergambar dan menulis cerita fiksi menjadi dasar dilakukannya penelitian ini. Berdasarkan hasil observasi, data dokumentasi, dan wawancara yang telah dilakukan dengan guru kelas IV SDN 01 Mudal, Kabupaten Wonosobo diketahui bahwa dalam muatan pembelajaran Bahasa Indonesia siswa masih kesulitan menyusun cerita fiksi. Hal itu dibuktikan dengan rendahnya nilai keterampilan siswa dalam materi menulis cerita fiksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku cerita bergambar, menguji kelayakan buku cerita bergambar, dan menguji keefektifan buku cerita bergambar terhadap keterampilan menulis cerita fiksi siswa kelas IV SDN 01 Mudal, Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Penelitian ini menggunakan model pengembangan tersebut, akan tetapi hanya sampai pada tahap uji coba pemakaian kecil dikarenakan Indonesia sedang darurat Covid-19. Langkah-langkah yang digunakan peneliti antara lain: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan data dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji kelayakan dan uji keefektifan media. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal dengan menggunakan Uji Normalitas data (Chi Kuadrat) dan analisis data akhir dengan menggunakan uji t berpasangan dan uji NGain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari validator ahli media diperoleh skor 93,75% dan dari validator ahli materi diperoleh skor 97,22% dengan kategori sangat layak. Keefektifan media diuji dengan perhitungan hasil nilai pretest dan posttest menggunakan Uji t berpasangan dengan hasil thitung = -2,91108283 dan t tabel = -1,8595. Karena -thitung < -ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar efektif dan layak digunakan untuk keterampilan menulis cerita fiksi siswa kelas IV SDN 01 Mudal, Kabupaten Wonosobo

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : buku cerita bergambar, keterampilan menulis cerita fiksi, media pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:08
Last Modified: 10 Jan 2023 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54881

Actions (login required)

View Item View Item