ANALISIS PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM PENDIDIKAN BERBASIS ALAM DAN LINGKUNGAN DI KELAS 2 SEKOLAH DASAR ALAM LUKULO KABUPATEN KEBUMEN


Zulekha Nurdini, 1401415213 (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM PENDIDIKAN BERBASIS ALAM DAN LINGKUNGAN DI KELAS 2 SEKOLAH DASAR ALAM LUKULO KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401415213 - Zulekha Nurdini.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Muatan seni tari merupakan pembelajaran yang termasuk kedalam mata pelajaran SBdP. Dalam pelaksanaan pembelajaran seni tari diperlukan media yang memudahkan siswa menyerap informasi. Ada banyak media yang dapat diguanakan dalam pembeljaran seni tari, salah satunya alam dan lingkungan. Pembelajaran seni tari berbasis pendidikan alam dan lingkungan merupakan suatu hal tidak biasa digunakan, sehingga peneliti melakukan penelitian yang berkaitan dengan hal tersebut. Untuk memperjelas arah penelitian, maka peneliti merumuskan masalah yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu bagaimana karakteristik sekolah alam, proses pembelajaran seni tari menggunakan media alam dan lingkungan, dan dampak yang ditimbulkan. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana karakteristik sekolah alam, proses pembelajaran seni tari di sekolah alam dan dampak yang timbulkan dari proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang mana pada penelitian ini diperoleh informasi mengenai karakteristik sekolah alam, proses pembelajaran seni tari di sekolah alam dan dampak yang ditimbulkan dari serangkaian proses pembelajaran tersebut. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat: 1) Karakteristik sekolah alam yaitu, memiliki kurikulum perpaduan antara kurikulum dari pemerintah, kurikulum JSIT dan Kurikulum JSAN; menerima siswa berkebutuhan khusus; sistem pembelajaran yang menggunkan alam dan lingkungan sebgai media utama; variasi kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan siswa; dan lingkungan belajar yang terbuka. 2) Proses pembelajaran seni tari di sekolah alam dapat dilaksanakan di dalam maupun di luar ruangan yang mana proses tersebut disesuaikan dnegan materi dan muatan yang diajarkan. 3) Dampak yang dirasakan oleh siswa dibagi menjadi dua, yaitu dampak langsung dan dampak pengiring. Dampak langsung tersebut adalah tercapainya tujuan pembelajaran, melatih kecerdasan kinestetik dan kemampuan motorik siswa, mengenalkan Unsur dasar dan komposisi tari, membiasakan siswa bergerak sesuai irama dan ketukan. Dampak dari proses tersebut adalah melatih kecerdasan ganda (multiple intellegences) yang terdapat dalam diri siswa. Saran untuk guru, orang tua, dan sekolah yaitu agar meningkatkan kolaborasi dalam proses pembelajaran yang berkelanjutan dan menyeluruh baik di rumah, sekolah maupun dilingkungan masyarakat, agar tujuan dari pembelajaran tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran seni tari, pendidikan alam dan lingkungan, sekolah alam
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:35
Last Modified: 10 Jan 2023 02:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54870

Actions (login required)

View Item View Item