KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK BEHAVIOR TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA SMP NEGERI 35 SEMARANG


Mila Khurotul Aini, 1301418051 (2022) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK BEHAVIOR TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA SMP NEGERI 35 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301418051 - MilaKhurotul Aini.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan konseling kelompok pendekatan behavior dengan teknik modeling dalam meningkatkan kecerdasan sosial siswa. Peneliti memilih jenis penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Teknik pengambilan subyek penelitian didasarkan menggunakan purposive sampling dan menetapkan 5 siswa yang memiliki kecenderungan tingkat kecerdasan sosial berada pada ketegori rendah hingga sedang. Treatment dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan dengan durasi waktu setiap pertemuan ialah 40 menit. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala kecerdasan sosial yang dirancang peneliti merujuk pada teori kecerdasan sosial yang terdiri dari 8 inidikator dan 44 item. Validitas dan reliabilitas instrument diuji dengan Product moment dengan hasil koefisien reliabilitas sebesar 0,919. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif dan uji Wilcoxon. Setelah diberikan treatment konseling kelompok behavior teknik modeling, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang semula (M=2.47, SD=0.58) berada dalam kategori sedang, kini menunjukkan adanya peningkatan kategori menjadi tinggi (M= 2.98, SD=0.70). Berdasarkan hasil uji Wilcoxon (Z= -5.315, p ˂0,05) hal ini menunjukkan bahwa konseling kelompok behavior dengan teknik modeling terbukti efektif untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa. Selanjutnya, guru BK atau konselor sekolah dapat mengimplementasikan dan mengembangkan konseling kelompok behavior teknik modeling sebagai salah satu alternatif strategi meningkatkan kecerdasan dan keterampilan sosial siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Pendekatan Behavior, Teknik Modeling, Kecerdasan Sosial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:20
Last Modified: 10 Jan 2023 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54859

Actions (login required)

View Item View Item