HUBUNGAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF DENGAN PENERIMAAN DIRI SISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL SMA NEGERI SE-KECAMATAN KARANGANYAR


Fristya Qusnul Saputri, 1301418037 (2022) HUBUNGAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF DENGAN PENERIMAAN DIRI SISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL SMA NEGERI SE-KECAMATAN KARANGANYAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301418037 - Fristya Qusnul Saputri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Siswa yang menggunakan media sosial akan cenderung menampilkan sosok ideal yang akan berdampak pada penerimaan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesejahteraan subjektif siswa pengguna media sosial, tingkat penerimaan diri siswa pengguna media sosial dan hubungan kesejahteraan subjektif dengan penerimaan diri siswa pengguna media sosial di kecamatan Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan populasi 2315 siswa SMA Negeri di Kecamatan Karanganyar. Sampel berjumlah 303didapat dengan menggunakan teknik cluster proportionate stratified random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Skala Kesejahteraan Subjektif siswa Pengguna Media Sosial dan Skala Penerimaan Diri. Skala Kesejahteraan Subjektif siswa Pengguna Media Sosial terdiri dari 18 pernyataan dengan koefisien validitas sebesar 0,356 hingga 0, 739 dan reliabel 0,759. Skala Penerimaan Diri dengan koefisien validitas sebesar 0,356 hingga 0,736 dan reliabel0,867. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesejahteraan subjektif siswa pengguna media sosial berada pada kategori sedang (M = 41,01, SD = 3,66) dan penerimaan diri siswa pengguna media sosial berada pada kategori sedang (M = 65,78, SD = 8,67). Selanjutnya, melalui uji regresi linear sederhana diketahui bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kesejahteraan subjektif dengan penerimaan diri siswa pengguna media sosial SMA Negeri se-kecamatan Karanganyar. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan dapat menjadi acuan guru BK dalam memberikan intervensi, layanan dan dukungan pada siswa SMA untuk meningkatkan penerimaan diri siswa pengguna media sosial serta kesejahteraan subjektif siswa pengguna media sosial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penerimaan diri, kesejahteraan subjektif, media sosial, siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 01:25
Last Modified: 10 Jan 2023 01:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54843

Actions (login required)

View Item View Item