HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN SCHOOL WELL-BEING PADA SISWA SMA DI KECAMATAN GRABAG


Alma Dwi Afina, 1301418023 (2022) HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN SCHOOL WELL-BEING PADA SISWA SMA DI KECAMATAN GRABAG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301418023 - Nurshafilla Rizka Saputri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Jadwal mata pelajaran yang padat, tugas yang terlalu banyak, serta tuntutan untuk beradaptasi di lingkungan sekolah membuat siswa seringkali merasa tertekan ketika berada di sekolah. Oleh karena itu siswa perlu menerima dengan terbuka terhadap penderitaan yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-compassion dengan school well-being pada siswa SMA di Kecamatan Grabag. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Skala Self-Compassion dan Skala School Well-Being. Populasi penelitian adalah siswa SMA di Kecamatan Grabag dengan sampel penelitian berjumlah 214 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis yaitu analisis korelasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-compassion pada siswa SMA di Kecamatan Grabag berada pada kategori sedang (M = 2,65 ; SD = 2,39) dan school well-being pada siswa SMA di Kecamatan Grabag berada pada kategori sedang (M = 2,70 ; SD = 2,80). Melalui uji analisis korelasi spearman rank diketahui bahwa tedapat hubungan antara self-compassion dengan school well-being pada siswa SMA di Kecamatan Grabag. Pada hasil uji korelasi spearman rank diperoleh hasil yaitu nilai signifikansi = 0.000 < 0.05. Dari hasil uji korelasi ini membuktikan hipotesis yang diajukan pada penelitian ini, yaitu adanya hubungan antara selfcompassion dengan school well-being pada siswa SMA di Kecamatan Grabag. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan dapat menjadi informasi dan acuan bagi guru BK dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling agar siswa dapat meningkatkan self-compassion.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: self-compassion, school well-being, siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 01:05
Last Modified: 10 Jan 2023 01:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54837

Actions (login required)

View Item View Item