HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN EFIKASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI 9 PURWOREJO


Arum Setianingsih, 1301418008 (2022) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN EFIKASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI 9 PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301418008 - Arum Setianingsih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena pada siswa di SMA Negeri 9 Purworejo, dimana siswa memperoleh hasil belajar matematika dengan nilai rata-rata rapor yang lebih rendah dibandingkan nilai rata-rata rapor pelajaran lainnya. Dimana hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri seperti efikasi diri, sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri seperti dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah apakah terdapat hubungan antara dukungan sosial dan efikasi diri dengan hasil belajar matematika baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 155 siswa dengan teknik sampling probabilitas simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi ganda dengan bantuan program IBM SPSS versi 22. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan hasil belajar matematika (β= 0,268; t= 4,815;p= 0.000), terdapat hubungan antara efikasi diri dengan hasil belajar matematika ( β = 0,672; t = 12,063; p = 0,000), ada hubungan antara dukungan sosial dan efikasi diri secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika (R= 0,890 ; R 2 = 0,793; F=290,506 ; p= 0.000) artinya secara simultan dapat mempengaruhi hasil belajar matematika dengan kontribusi sebesar 79,3%. Hasil penelitian menemukan bahwa dukungan sosial dan efikasi diri dapat mempengaruhi hasil belajar matematika. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan varuabel hasil belajar dengan mata pelajaran yang lebih beragam. Implikasi bagi guru bimbingan dan konseling adalah dapat membantu siswa untuk dapat meningkatkan dukungan sosial dan efikasi diri sehingga hasil belajar matematika juga akan meningkat dengan pemberian layanan bimbingan kelompok atau konseling kelompok

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial, Efikasi Diri, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 00:49
Last Modified: 10 Jan 2023 00:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54835

Actions (login required)

View Item View Item