HUBUNGAN ANTARA KESADARAN DIRI, EFIKASI DIRI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA PADA BIMBINGAN DAN KONSELING SMA N 1 RAWALO


Via Melinda, 1301418003 (2022) HUBUNGAN ANTARA KESADARAN DIRI, EFIKASI DIRI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA PADA BIMBINGAN DAN KONSELING SMA N 1 RAWALO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301418003 - Via Melinda.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pada siswa di SMA N 1 Rawalo yaitu rata-rata siswa memiliki kedisiplinan belajar yang kurang tinggi. Akibatnya, siswa menjadi tidak mengerjakan tugas, menunda mengerjakan tugas, mencontek. Peningkatan kesadaran diri dan efikasi diri diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kedisiplinan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran diri, efikasi diri, dan kedisiplinan belajar pada siswa SMA N 1 Rawalo. Selain itu, untuk mengetahui dan membuktikan ada hubungan kesadaran diri dengan kedisiplinan belajar, untuk mengetahui dan membuktikan efikasi diri dengan kedisiplinan belajar, serta untuk mengetahui dan membuktikan kesadaran diri, efikasi diri, dan kedisiplinan belajar. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X,XI, XII SMA N 1 Rawalo yang berjumlah 747 siswa ( kelas X 251 siswa, kelas XI 250 siswa, kelas XII 246 siswa). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dengan sampel penelitian berjumlah 238 siswa (kelas X 80 siswa, kelas XI 80 siswa dan kelas XII 78 siswa). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala psikologis yang mengacu pada skala kesadaran diri, efikasi diri, dan kedisiplinan belajar. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji regresi berganda. Hasil penelitian analisis deskriptif menujukkan siswa tingkat kesadaran diri tinggi, efikasi diri tinggi dan kedisiplinan belajar tinggi. Hasil analisis regresi berganda antara kesadaran diri dan kedisiplinan belajar bahwa ada hubungan positif signifikan (β= 0,258, p= < 0,05 ). Hasil analisis regresi berganda antara efikasi diri dan kedisiplinan belajar menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan (β= 0,870, p= < 0,05). Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa ada hubungan antara kesadaran diri, efikasi diri dan kedisiplinan belajar di SMA N 1 Rawalo. Kesadaran diri, efikasi diri, dan kedisiplinan belajar terdapat hubungan yang signifikan (R= 0,816 ; F = 233, 415; P= < 0,05) dengan presentase 66,5 %. Berdasarkan penelitian ini, guru BK dapat memberikan konseling kelompok terkait kesadaran diri, efikasi diri dengan bimbingan kelompok, dan kedisiplinan belajar dengan konseling kelompok sehingga dapat meningkatkan kesadaran diri, efikasi diri,dan kedisiplinan belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan belajar, kesadaran diri, efikasi diri
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 00:40
Last Modified: 10 Jan 2023 00:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54834

Actions (login required)

View Item View Item