KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK KONTRAK PERILAKU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 SEMARANG


Faizal Syafi’ul Huda, 1301417063 (2022) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK KONTRAK PERILAKU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301417063 - Faizal Syafi`ul Huda.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi dilapangan yaitu siswa yang kesulitan dalam melakukan penyesuaian diri di sekolah ditambah dengan adanya pandemi covid-19. Siswa yang tidak dapat menyesuaikan diri di sekolah ditandai dengan kurang percaya diri baik dengan dirinya maupun dengan orang lain, tidak mampu terbuka dan tidak menerima kritik terhadap dirinya, merasakan tersisihkan dan kesepian yang akan mengakibatkan siswa tersebut suka menyendiri, pendiam dan menutup diri dengan orang lain baik itu dengan teman sebaya maupun dengan guru di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat penyesuaian diri siswa kelas X di SMA Negeri 10 Semarang, serta membuktikan keefektifan konseling kelompok teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pretest posttest, subyek penelitian ini yaitu siswa kelas X yang berfokus pada kelas IPS di SMA Negeri 10 Semarang yang berjumlah 144 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel pada penelitian ini yaitu 5 siswa yang memiliki penyesuaian diri yang rendah di sekolah. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penyesuaian diri siswa mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan konseling kelompok. Rata-rata persentase peningkatan penyesuaian diri siswa mencapai 69% masuk dalam kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan konseling kelompok teknik kontrak perilaku efektif untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas X SMA Negeri 10 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konseling kelompok, teknik kontrak perilaku, penyesuaian diri.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Jan 2023 08:55
Last Modified: 09 Jan 2023 08:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54829

Actions (login required)

View Item View Item