HUBUNGAN KONTROL DIRI DAN PENGALAMAN MENGIKUTI KONSELING KELOMPOK DENGAN PENERIMAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 UNGARAN


Nunung Parwati, 1301417061 (2022) HUBUNGAN KONTROL DIRI DAN PENGALAMAN MENGIKUTI KONSELING KELOMPOK DENGAN PENERIMAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301417061 - Haryandi Saputra.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena pada kelas VIII SMP Negeri 1 Ungaran yaitu rata-rata siswa belum mampu untuk menerima dirinya sendiri dengan baik dalam lingkungan sekitar, diri sendiri, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan siswa merasa jika kekurangan dalam dirinya dapat menghabat atau merugikan dirinya sendiri dalam berkembang. Dengan adanya kontrol diri yang baik dan penggunakaan layanan konseling kelompok diharapkan dapat menerima dirinya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan antara kontrol diri dengan penerimaan diri, hubungan antara layanan konseling kelompok dengan penerimaan diri, dan hubungan antara kontrol diri dan layanan konseling kelompok dengan penerimaan diri siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ungaran yang berjumlah 314 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan sampel penelitian 161 siswa dari 314 siswa kelas VIII SMP Negerii 1 Ungaran. Metode pengumpulan data pada peneltian ini menggunakan skala kontrol diri, skala layanan konseling kelompok, dan skala penerimaan diri. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas data, uji linearitas data, uji multikolinieritas, uji heteroskedisitas, dan uji regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kontrol diri dengan penerimaan diri, layanan konseling kelompok dengan penerimaan diri, dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kontrol diri dan layanan konseling kelompok dengan penerimaan diri siswa dengan nilai R sebesar 0,532 dan berkategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kontrol diri, pengalaman mengikuti konseling kelompok, dan penerimaan diri
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Jan 2023 08:41
Last Modified: 09 Jan 2023 08:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54824

Actions (login required)

View Item View Item