PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN APLIKASI HANDPHONE NON-EDUKATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP IT AL-MA’RUF DEMA


Shifonnifa Yulitwenty, 1301417060 (2022) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN APLIKASI HANDPHONE NON-EDUKATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP IT AL-MA’RUF DEMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301417060 - SHIFONNIFA YULITWENTY.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum maksimalnya motivasi belajar siswa. Motivasi belajar penting demi meningkatkan hasil belajarnya. Perkembangan teknologi ialah salah satu dari beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, terutama penggunaan non-edukatif. Penelitian ini membahas pengaruh intensitas penggunaan aplikasi non-edukatif terhadap motivasi belajar. Jenis penelitian ini kuantitatif ex post facto korelasional. Populasi penelitian ini siswa SMP IT Al-Ma’ruf. Sampel 167 siswa dari 320 populasi, ditentukan dengan proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data skala psikologis dan kuesioner, alat pengumpulan data skala motivasi belajar, dan kuesioner intensitas penggunaan handphone. Sebelumnya, peneliti melakukan uji coba instrumen. Teknik analisis data analisis kuantitatif deskriptif, dengan uji hipotesisnya uji regresi linier sederhana, setelah uji asumsi klasik. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukan terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara intensitas penggunaan aplikasi non-edukatif terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai (β: -0,246 ; p < 0,01). Dari hasil tersebut, variabel intensitas memiliki pengaruh 5,1% terhadap variabel motivasi belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi intensitas penggunaan aplikasi handphone non-edukatif, maka semakin rendah motivasi belajar, begitupun sebaliknya. Disimpulkan tingkat intensitas penggunaan aplikasi non-edukatif berkategori sedang, dan motivasi belajar berkategori sedang pula. Motivasi belajar penting untuk memaksimalkan hasil belajar, maka guru BK disarankan dapat memberikan layanan BK seperti bimbingan klasikal bertema “meningkatkan motivasi belajar”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intensitas Penggunaan Aplikasi Non-edukatif, Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:52
Last Modified: 09 Jan 2023 07:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54823

Actions (login required)

View Item View Item