HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN SELFREGULATED LEARNING DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN TEMANGGUNG


Nastiti Wahyuningtyas, 1301417058 (2022) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN SELFREGULATED LEARNING DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301417058 - Nastiti Wahyuningtyas.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Masuknya Covid-19 ke Indonesia membuat perubahan di segala aspek kehidupan termasuk bidang pendidikan. Perubahan ini berdampak pada sistem pengajaran yang harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kebijakan sekolah online atau pembelajaran jarak jauh menimbulkan kekhawatiran di kalangan guru mata pelajaran mengenai pencapaian belajar siswa selama pandemi. Keberhasilan dalam belajar ditentukan oleh peran serta orang tua dalam mendukung kegiatan belajar siswa. Kemampuan siswa dalam merencanakan, mengorganisasikan, memonitor dirinya, dan mengevaluasi setiap kegiatan belajarnya juga menentukan keberhasilan siswa di sekolah. Secara lebih lanjut, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orang tua dan self-regulated learning dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri se-Kecamatan Temanggung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional dengan sampel sebanyak 298 siswa dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling, dengan sampel kelas 8 dan 9 di tiap-tiap sekolah. Alat pengumpul data yang digunakan ialah dokumen raport, skala dukungan sosial orang tua, dan skala self-regulated learning. Cronbach’s alpha skala dukungan sosial 0,937 dan skala self-regulated learning 0,890. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara dukungan sosial orang tua dengan prestasi belajar (t=2,660; β=0,186; p<0,05), selfregulated learning berhubungan positif dengan prestasi belajar (t=6,235; β=0,436; p<0,05), dan terdapat hubungan antara dukungan sosial orang tua dan self-regulated learning dengan prestasi belajar (R=0,586; R2=0,344; F=77,286; 0<0,05). Berlandaskan hasil penelitian, mengharapkan guru BK dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling terkait bidang belajar untuk dapat memantau prestasi belajar siswa di tiap semester, mengoptimalkan layanan informasi pada orang tua mengenai pentingnya dukungan sosial orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Selain itu, dapat memberikan layanan bimbingan klasikal tentang strategi selfregulated learning oleh guru BK

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial Orang Tua, Self-Regulated Learning, Prestasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:46
Last Modified: 09 Jan 2023 07:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54817

Actions (login required)

View Item View Item