Hubungan Antara Kelekatan dan Konsep Diri dengan Perilaku Bullying Siswa SMP Negeri 28 Semarang


Khoirul Latif, 1301417048 (2022) Hubungan Antara Kelekatan dan Konsep Diri dengan Perilaku Bullying Siswa SMP Negeri 28 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301417048 - Khoirul Latif.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini masih banyak dijumpai hal negatif yang terjadi disekolah sehingga membuat sekolah yang idealnya ramah anak menjadi tidak ramah anak. Suasana yang tidak ideal ini salah satunya disebabkan masih sering terjadi perilaku bullying yang dilakukan siswa ke siswa lainnya. Perilaku bullying terjadi karna faktor eksternal dan internal. Faktor ekseternal yang salah satunya adalah kelekatan dan faktor internal yaitu konsep diri. Kelekatan yang baik akan memberikan kenyamanan dan kasih sayang yang cukup ke anak sehingga anak akan menyebarkan kasih sayang di dalam kehidupan sosialnya, begitu pula jika anak memiliki konsep diri positif maka anak akan melakukan perilaku yang positif pula. Jadi jika anak memiliki kelekatan yang baik dengan orang tua dan memilki konsep diri positif maka akan rendah melakukan perilaku bullying. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kelekatan dan konsep diri dengan perilaku bullyng siswa SMP negeri 28 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan jenis penelitian expost facto. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi hierarki. Sampel adalah 200 siswa SMP Negeri 28 Semarang dengan menggunakan quota sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala kelekatan, skala konsep diri dan skala perilaku bullying. Hasil penelitian ini diketahui perilaku bullying berada dalam kategori rendah (73%), kecenderungan kelakatan orang tua siswa SMP Negeri 28 Semarang adalah kelekatan aman (89%) dan konsep diri berada dalam kategori tinggi (60%). didapat kesimpulan bahwa ada pengaruh secara bersamaan antara kelekatan dan konsep diri dengan perilaku bullying

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelekatan, Konsep Diri, Perilaku Bullying
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:36
Last Modified: 09 Jan 2023 07:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54816

Actions (login required)

View Item View Item