HUBUNGAN KECERDASAN ADVERSITY DENGAN COPING ADAPTIF DAN COPING MALADAPTIF DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2017 DAN 2018


Muhamad Hadis Albana, 1301417046 (2022) HUBUNGAN KECERDASAN ADVERSITY DENGAN COPING ADAPTIF DAN COPING MALADAPTIF DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2017 DAN 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301417046 - Muhamad Hadis Albana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan adversity merupakan kemampuan seseorang dalam mengahadapi suatu stress atau kesulitan. Mahasiswa memiliki respon yang berbeda-beda dalam menghadapi stress atau kesulitan ada respon positif (adaptif) dan negatif (maladaptif). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan adversity dengan coping adaptif dan coping maladaptif pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini berjenis kuantitatif korelasional dengan sampel berjumlah 120 mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2017 dan 2018 di universitas negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Alat yang digunakan untuk mengambil data adalah skala kecerdasan adversity, coping adaptif, dan coping maladaptif. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan adversity dengan coping adaptif dengan nilai sebesar (B = 0,888;p < 0,05) dan hubungan yang negatif signifikan antara kecerdasan adversity dengan coping maladatif pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling UNNES angkatan 2017-2018 yakni sebesar ( B = 0,376;p<0,05). Perolehan hasil tersebut, variabel kecerdasan adversity memiliki kontribusi sebesar 56,2% pada variabel coping adaptif dan perolehan hasil variabel kecerdasan adversity dengan coping maladatif memiliki kontribusi sebesar 23,0%. Adapun besaran predictor atau kontribusi yang telah dihasilkan, semua aspek berkontribusi atau memprediksi secara positif terhadap kecerdasan adversity dengan signifikansi (000<0,05). Berdasarkan pembahasan temuan ini diperlukan program layanan konseling oleh dosen wali dan atau UPT BK dan karir untuk meningkatkan layanan konseling atau program webinar untuk meningkatkan kecerdasan adversity mahasiswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Coping adaptif, coping maladaptif, COVID-19, kecerdasan adversity
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:33
Last Modified: 09 Jan 2023 07:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54813

Actions (login required)

View Item View Item