Hubungan Konformitas Teman Sebaya dan Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi di Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang


Mochammad Reza Faozi, 1301417035 (2022) Hubungan Konformitas Teman Sebaya dan Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi di Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301417035 - Mochammad Reza Faozi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyak mahasiswa tingkat akhir Jurusan Bimbingan dan Konseling yang melakukan penundaan terhadap skripsi yang bisa disebut sebagai prokrastinasi akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam menyusun skripsi di Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang baik secara bersama-sama maupun secara parsial. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 127 mahasiswa dari 195 mahasiswa dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala prokrastinasi akademik, skala konformitas teman sebaya, dan skala regulasi diri. Selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang positif antara konformitas teman sebaya dengan prokrastinasi akademik (β = 0,282, t = 4,787, p < 0,01), adanya hubungan yang negatif antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik (β = -0,647, t = -10,973, p < 0,01). Kemudian terdapat hubungan yang signifikan antara konformitas teman sebaya dan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik, (R = 0,778, F (2, 124) = 94,809, p < 0,01). Antara konformitas teman sebaya dan regulasi diri secara bersama-sama memiliki sumbangan efektif sebesar 60,5% terhadap prokrastinasi akademik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi Akademik, Konformitas Teman Sebaya, Regulasi Diri
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Jan 2023 06:23
Last Modified: 09 Jan 2023 06:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54804

Actions (login required)

View Item View Item