HUBUNGAN SELF-DISCLOSURE DENGAN FORGIVENESS PADA REMAJA AWAL DI SMP NEGERI KECAMATAN BANYUMANIK


Intan Marviana, 1301417034 (2022) HUBUNGAN SELF-DISCLOSURE DENGAN FORGIVENESS PADA REMAJA AWAL DI SMP NEGERI KECAMATAN BANYUMANIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301417034 - Intan Marviana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Konflik menjadi bagian dari setiap individu, tak terkecuali bagi remaja yang mengalami perubahan dalam diri, emosi maupun sosial. Forgiveness menjadi salah satu strategi yang diperlukan dalam meresolusi konflik secara bijak dan tepat agar tidak muncul dampak negatif. Individu yang mampu membuka diri dengan baik akan memperoleh kesuksesan dalam meningkatkan kualitas hubungan interpersonalnya. Sehingga self-disclosure berdampak dalam proses terjadinya forgiveness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-disclosure dengan forgiveness pada remaja awal di SMP Negeri Kecamatan Banyumanik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif ex post facto berdesain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja awal di SMP Negeri Kecamatan Banyumanik, dengan sampel penelitian sebanyak 317 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis, alat pengumpul datanya adalah skala self-disclosure dan skala forgiveness. Teknik analisis data yang digunakan dalam uji hipotesis menggunakan uji regresi linier berganda. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-disclosure dengan forgiveness pada remaja awal di SMP Negeri Kecamatan Banyumanik, dengan nilai sebesar (R=0,500; F= 20,773; p < 0,01). Variabel self-disclosure memiliki kontribusi sebesar 25% pada variabel forgiveness. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat self-disclosure, maka semakin tinggi pula tingkat forgiveness pada remaja awal. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diperlukan program layanan konseling untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa agar siswa mampu melakukan forgiveness

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: forgiveness; self-disclosure; remaja awal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Jan 2023 06:20
Last Modified: 09 Jan 2023 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54802

Actions (login required)

View Item View Item