PENGARUH VARIASI V-BELT RACING DENGAN PERUBAHAN SUDUT PRIMARY SLIDING SHEAVE TERHADAP TORSI, DAYA, DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR


Muhamad Feri, 5202416050 (2022) PENGARUH VARIASI V-BELT RACING DENGAN PERUBAHAN SUDUT PRIMARY SLIDING SHEAVE TERHADAP TORSI, DAYA, DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202416050 - Muhamad Feri(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mengetahui adanya pengaruh pengubahan sudut primary sliding sheave dengan v-belt racing terhadap torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Yamaha NMAX 155 cc ABS, dengan bahan bakar pertamax oktan 92. Alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, dynamometer, tachometer, tool set, stopwath, protactor, vernier caliper, tangki sementara dan buret. Bahan yang digunakan pada saat penelitian ini adalah Yamaha NMAX 155 cc ABS, v-belt standar, v-belt racing, dan primary sliding sheave sudut 13⸰, 13,5⸰, dan 14⸰, bahan bakar pertamax. Pengujian torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar, dilakukan pengujian 3 kali disetiap pengujian variasi putaran mesin (RPM). Metode yang digunakan pada penelitian adalah dengan eksperimen dan analisis data, dengan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengubahan v-belt dan primary slidind sheave pada torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar dari motor Yamaha NMAX 155 cc ABS yang menggunakan v-belt standar yang divariasikan ke v-belt racing dan memvariasikan sudut primary sliding sheave. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen. Hasil dari penelitian ini torsi tertinggi terjadi pada sudut pulley (13,5 dengan v-belt standar memperoleh torsi sebesar 37,06 N.m pada putaran 2000 rpm. Sedangkan daya maksimum terjadi pada sudut pulley (13 dengan v-belt racing memperoleh daya sebesar 13,3 kW pada putaran 4000 rpm. Untuk konsumsi bahan bakar terhemat terjadi pada sudut pulley (13,5 dengan v-belt racing memperoleh nilai 0,593 Kg/h. Adanya peningkatan pada performa mesin dan terjadinya penghematan pada konsumsi bahan bakar motor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mengetahui adanya pengaruh pengubahan sudut primary sliding sheave dengan v-belt racing terhadap torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Yamaha NMAX 155 cc ABS, dengan bahan bakar pertamax oktan 92. Alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, dynamometer, tachometer, tool set, stopwath, protactor, vernier caliper, tangki sementara dan buret. Bahan yang digunakan pada saat penelitian ini adalah Yamaha NMAX 155 cc ABS, v-belt standar, v-belt racing, dan primary sliding sheave sudut 13⸰, 13,5⸰, dan 14⸰, bahan bakar pertamax. Pengujian torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar, dilakukan pengujian 3 kali disetiap pengujian variasi putaran mesin (RPM). Metode yang digunakan pada penelitian adalah dengan eksperimen dan analisis data, dengan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengubahan v-belt dan primary slidind sheave pada torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar dari motor Yamaha NMAX 155 cc ABS yang menggunakan v-belt standar yang divariasikan ke v-belt racing dan memvariasikan sudut primary sliding sheave. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen. Hasil dari penelitian ini torsi tertinggi terjadi pada sudut pulley (13,5 dengan v-belt standar memperoleh torsi sebesar 37,06 N.m pada putaran 2000 rpm. Sedangkan daya maksimum terjadi pada sudut pulley (13 dengan v-belt racing memperoleh daya sebesar 13,3 kW pada putaran 4000 rpm. Untuk konsumsi bahan bakar terhemat terjadi pada sudut pulley (13,5 dengan v-belt racing memperoleh nilai 0,593 Kg/h. Adanya peningkatan pada performa mesin dan terjadinya penghematan pada konsumsi bahan bakar motor.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 09 Jan 2023 06:26
Last Modified: 09 Jan 2023 06:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54775

Actions (login required)

View Item View Item