PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA SMPN 13 SEMARANG


Sa’adatun Nikmah, 1301417031 (2022) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA SMPN 13 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301417031 - Saadatun Nikmah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena siswa yang kurang memiliki konsentrasi terhadap belajar. Terdapat faktor eksternal konsentrasi belajar yaitu fasilitas yang berupa laptop, komputer, smartphone, dan perangkat lain yang menunjang individu dalam belajar. Mereka menggunakan fasilitas tersebut untuk membuka media sosial, bertukar pesan, bermain game, dan lain-lain. Pada penelitian ini akan membahas mengenai pengaruh intensitas penggunaan media sosial instagram terhadap konsentrasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial instagram terhadap konsentrasi belajar siswa di SMPN 13 Semarang. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu kuantitatif dan desain yang digunakan yaitu ex post facto dengan populasi yang berjumlah 574 siswa kelas 8 SMPN 13 Semarang. Kemudian teknik sampling yang digunakan yaitu stratified random sampling sehingga diperoleh sampel sejumlah 227 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala konsentrasi belajar dan angket intensitas penggunaan media sosial instagram. Peneliti melakukan uji coba instrumen terlebih dahulu sebelum melakukan penelitian, dengan menggunakan google form kepada sampel yang dituju. Untuk pengumpulan data pada variabel X menggunakan skala psikologis, sedangkan pada variabel Y menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif serta untuk uji hipotesis menggunakan teknik regresi linear sederhana. Alasan menggunakan deskriptif karena peneliti ingin mendeskripsikan data yang terkumpul sebagaimana adanya. Sedangkan pada uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana karena untuk mengetahui pengaruh variabel x terhadap variabel y. Dari hasil uji regresi linear sederhana terdapat pengaruh yang negatif signifikan intensitas penggunaan media sosial terhadap konsentrasi belajar siswa, dengan nilai sebesar t hitung -4,427 < t tabel 1,651654. Dari hasil tersebut, terdapat kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 9,2%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan semakin tinggi intensitas penggunaan media sosial, maka semakin rendah konsentrasi belajar siswa. Maka dari itu peran konselor untuk memberikan layanan konseling kepada murid mengenai penggunaan media sosial sangat diperlukan, baik itu layanan bimbingan kelas serta bimbingan kelompok. Setelah penelitian dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat intensitas penggunaan media sosial dalam kategori sedang, sedangkan tingkat konsentrasi belajar siswa dalam kategori rendah. Bentuk pengaruh intensitas penggunaan media sosial instagram terhadap konsentrasi belajar adalah negatif. Guru BK disarankan melakukan layanan konseling untuk menjaga konsentrasi belajar siswa agar tetap baik, serta dapat memberikan layanan konseling mengenai penggunaan media sosial yang tidak berlebihan serta secara wajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intensitas, Media Sosial Instagram, dan Konsentrasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:31
Last Modified: 09 Jan 2023 03:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54768

Actions (login required)

View Item View Item