PENGARUH FAKTOR PREDISPOSING, ENABLING DAN REINFORCING MELALUI PEMBERIAN MEDIA EDUKASI BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN PENCEGAHAN ANEMIA DI SMP NEGERI KOTA SURAKARTA


ST. Austa Nusra, 0613520014 (2022) PENGARUH FAKTOR PREDISPOSING, ENABLING DAN REINFORCING MELALUI PEMBERIAN MEDIA EDUKASI BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN PENCEGAHAN ANEMIA DI SMP NEGERI KOTA SURAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 0613520014 - St. Austa Nusra(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah Indonesia telah menerapkan kebijakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yaitu upaya perbaikan gizi masyarakat. Menerapannya belum optimal dan terdapat berbagai masalah pada perilaku makan, perilaku hidup bersih dan sehat, serta penyakit.Penelitian desain eksperimen semu dengan rancangan korelasional. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive, proposional dan random sampling.Univariat untuk menggambarkan karakteristik subjek. Analisis bivariat yang dilakukan terhadap dua variabel berhubungan atau berkorelasi. Apabila data terdistribusi normal diuji menggunakan pearson correlation, apabila data tidak terdistribusi normal diuji menggunakan Spearman. Berdasarkan uji korelasi sprearman diperoleh p-value pekerjaan (0.634) dengan nilai (ρ) 0.048, pendidikan (0.085) dengan (ρ) -0.173, sarana prasarana (0.518) dengan nilai (ρ) 0.065, dukungan sekolah (0.127) dengan nilai (ρ) 0. 062, dukungan orang tua (0.010) dengan (ρ) 0.255 dan dukungan teman sebaya (0.005) dengan (ρ) -0.034Faktor predisposing, pada variabel pekerjaan dan pendidikan melalui media booklet terhadap pengetahuan pencegahan anemia dan pada variabel pekerjaan dengan p-value 0.005. Faktor enabling melalui media booklet terhadap pengetahuan pencegahan anemia tidak berhubungan signifikan dengan pvalue 0.005. Faktor reinforcing, pada variabel dukungan sekolah dan dukungan teman sebaya melalui media booklet terhadap pengetahuan pencegahan anemia tidak berhubungan signifikan dengan p-value 0.005 namun pada variabel dukungan orang tua memiliki hubungan signifikan p-value 0.005. Saran Bagi pihak sekolah, memberikan penyuluhan secara rutin yang dilengkapi dengan booklet sehingga bisa mengurangi dampak terjadinya gejala anemia dan sarana prasarana yang ditingkatkan atau dilengkapi supaya mendukung dalam kemajuan UKS; bagi remaja, dengan adanya penelitian ini diharapkan memperdalam pengetahuan tentang pencegahan anemia, mengubah kebiasaan makan sehari-hari dan memperbanyak literasi dan bagi peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel lain yang mempengaruhi perkembangan anemia remaja seperti aktivitas fisik dan pola makan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Predisposing, Enabling, Reinforcing, Booklet, Pengetahuan
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Pasca Sarjana > Kesehatan Masyarakat, S2
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:18
Last Modified: 09 Jan 2023 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54756

Actions (login required)

View Item View Item