METODE PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DENGAN MEDIA LOOSE PARTS UNTUK MENSTIMULASI KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK BERMAIN


Nugraheni Putri Utami, 120141807 (2022) METODE PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DENGAN MEDIA LOOSE PARTS UNTUK MENSTIMULASI KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK BERMAIN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201418072 - Nugraheni Putri Utami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan dengan cara memberikan lembar kerja terhadap peserta didik, menyebabkan anak-anak berpedoman terhadap lembar kerja yang telah diberikan. Sehingga pembelajaran yang dilakukan bersifat monoton dan membosankan serta peserta didik kurang bebas berkreativitas karena proses pembelajaran sudah diarahkan oleh tutor. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memahami pelaksanaan metode pembelajaran berbasis STEAM dengan media loose parts 2) mengetahui cara memberikan stimulasi kreativitas kepada peserta didik, (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) observasi tentang pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran berbasis STEAM dengan media loose parts (2) wawancara tentang kegiatan pembelajaran berbasis STEAM dengan media loose parts terhadap narasumber dengan jumlah 4 tutor PAUD dan 4 wali murid (3) dokumentasi yang dibutuhkan berupa buku tentang loose parts, RPP, dan pelaksanaan pembelajaran berbasis STEAM dengan media loose parts. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan cara menguji kredibilitas data dari berbagai sumber dan teknik analisis data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis STEAM bermedia loose parts dapat menstimulasi kreativitas anak usia dini. Hal tersebut ditunjukkan pada hasil karya peserta didik mampu menggunakan media loose parts yang telah disediakan. Anak-anak disediakan balok dengan berbagai ukuran, peserta didik akan berpikir kreatif dengan cara membuat rumah, istana, garasi serta menambahkan objek lain dengan menggunakan media loose parts lainnya yang telah disediakan. Faktor pendukungnya yaitu media loose parts yang disediakan beraneka ragam dan pembelajaran yang bersifat bermain sehingga pembelajaran menyenangkan dan tidak membosankan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pelaksanaan pembelajaran yang terbatas karena adanya pandemi. Simpulan dari penelitian yaitu pembelajaran berbasis STEAM dengan media loose parts tersebut dapat menstimulasi kreativitas anak usia dini. Pelaksanaan pembelajaran didukung oleh situasi yang menyenangkan dengan metode bermain. Kendalanya, waktu pembelajaran tatap muka masih terbatas karena masih ada pandemi covid-19

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelompok Bermain, Metode Pembelajaran Berbasis STEAM, Stimulasi Kreativitas
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 Jan 2023 23:39
Last Modified: 08 Jan 2023 23:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54741

Actions (login required)

View Item View Item