TINDAK TUTUR EKSPRESIF PADA PODCAST RINTIK SEDU ‘KUAS KANVAS DAN BULAN KESEPIAN’ DI SPOTIFY


Nadila Tasya Paramita, 2111418032 (2022) TINDAK TUTUR EKSPRESIF PADA PODCAST RINTIK SEDU ‘KUAS KANVAS DAN BULAN KESEPIAN’ DI SPOTIFY. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2111418032 - Nadila Tasya Paramita.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tindak tutur merupakan suatu tindakan yang memiliki maksud tertentu dengan penjelas berupa konteks. Tindak tutur dapat ditelaah melalui banyak ilmu juga melalui media apapun, salah satunya ialah podcast. Isi dan materi podcast yang menarik terdapat banyak tindak tutur yang memiliki maksud tertentu di dalamnya. Maksud di dalam podcast itu yang dapat menyebabkan terjadi sebuah tuturan. Podcast merupakan sebuah hasil rekaman audio yang dapat didengarkan oleh khalayak umum dengan internet yang berisi berbagai materi dibawakan oleh pembuat pdocast. Hal tersebut yang menjadi daya tarik dari podcast dan layak untuk diteliti pada kajian tindak tutur. Podcast yang diproduksi oleh Rintik Sedu merupakan podcast berupa serial bersambung yang mernceritakan kisah asmara anak muda Permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) jenis tindak tutur ekspresif pada podcast Rintik Sedu ‘Kuas Kanvas dan Bulan Kesepian’ di Spotify (2) fungsi tindak tutur ekspresif pada podcast Rintik Sedu ‘Kuas Kanvas dan Bulan Kesepian’ di Spotify. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa penggalan tutura Data penelitian ini berupa penggalan tuturan dalam Podcast Rintik Sedu 'Kuas Kanvas dan Bulan Kesepian' di Spotify. Sumber data dalam penelitian ini berupa keseluruhan tuturan yang ada dalam Podcast Rintik Sedu 'Kuas Kanvas dan Bulan Kesepian' di Spotify. Jadi, objek dalam penelitian ini ialah Podcast Rintik Sedu 'Kuas Kanvas dan Bulan Kesepian' di Spotify. Hasil pada penelitian ini ada dua, yaitu (1) jenis tindak tutur ekspresif pada podcast Rintik Sedu ‘Kuas Kanvas dan Bulan Kesepian’ di Spotify yang meliputi tindak tutur ekspresif langsung, tindak tutur ekspresif tidak langsung, tindak tutur ekspresif harfiah, dan tindak tutur ekspresif tidak harfiah; (2) fungsi tindak tutur ekspresif pada podcast Rintik Sedu ‘Kuas Kanvas dan Bulan Kesepian’ di Spotify yang meliputi fungsi tuturan ekspresif menyalahkan, menyindir, mengkritik, mengejek, iba, jengkel, marah, bersimpati, senang, meminta maaf, sedih, dan ucapan terima kasih. Saran yang dapat diberikan setelah dilakukan penelitian ini ialah penelitian ini diharapkan dapat membuat para pendengar podcast untuk bisa memahami lebih dalam mengenai tuturan ekspresif yang dituturkan oleh podcaster, dapat dijadikan referensi bagi peneliti lain dan peneliti tindak tutur yang ingin meneliti objek serupa sebaiknya lebih memfokuskan pada tindak tutur ekspresif dengan objek yang berbeda dan tujuan penelitian lainnya agar lebih mendalami mengenai jenis, bentuk, dan fungsi tindak tutur ekspresif lainnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tindak tutur ekspresif, tuturan, podcast Rintik Sedu ‘Kuas Kanvas dan Bulan Kesepian’ di Spotify.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Jan 2023 05:11
Last Modified: 06 Jan 2023 05:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54735

Actions (login required)

View Item View Item