Eksperimen Pembelajaran Sejarah Dengan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division)


Dwi Hartiningsih, 2009 (2009) Eksperimen Pembelajaran Sejarah Dengan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Eksperimen Pembelajaran Sejarah Dengan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division)]
Preview
PDF (Eksperimen Pembelajaran Sejarah Dengan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division)) - Published Version
Download (27kB) | Preview

Abstract

Dwi Hartiningsih, 2009. Eksperimen Pembelajaran Sejarah Dengan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division). Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, STAD (Student Teams Achievement Division), Hasil Belajar Sejarah Selama ini pembelajaran sejarah yang dilaksanakan cenderung dengan pembelajaran ceramah sehingga terkesan bahwa bidang ini terdiri dari materi hafalan belaka. Berdasarkan observasi awal dan informasi dari guru mata pelajaran sejarah, pembelajaran sejarah yang selama ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Banjarnegara, terutama pada Kelas XI Program Ilmu Sosial masih disampaikan dengan model pembelajaran ceramah. Oleh karena itu peneliti menerapkan model pembelajaran STAD (Student Teams Achevement Division) yang merangsang siswa untuk aktif dalam kegiatan proses belajar sehingga terjadi interaksi yang baik antara siswa dengan guru. Bila interaksi antara guru dengan terjalin diharapkan akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Namun, kebenaran dari argument ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah peningkatan hasil belajar sejarah yang signifikan pada pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division ) pada pokok bahasan Perkembangan Pergerakan Nasional Di Indonesia. Selain itu, faktor-faktor non eksperimen juga mempengaruhi hasil belajar siswa misalnya faktor lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Banjarnegara yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah keseluruhan 76 siswa. Untuk menentukan kelas kontrol dan eksperimen, dari kedua kelas yang telah diambil sebagai sampel dilakukan random (acak). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS1 sebagai kelas kontrol dan kelas XII IPS2 sebagai kelas eksperimen. Variabel penelitian ini, yaitu (1) pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan (2) hasil belajar mata pelajaran sejarah. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, lembar observasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil pengamatan kinerja guru yang mengacu pada objek sasaran yang diamati dan dirasakan peneliti saat melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi bahwa penyampaian materi sejarah pada pertemuan pertama 1, kegiatan pembelajaran sudah cukup baik dan sebagian besar siswa serius dan tertarik dengan kegiatan pembelajaran. Setelah pertemuan II dan pertemuan III kinerja guru semakin baik dengan menjalankan rencana pembelajaran (RP) secara runtut dan jelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan hasil rata-rata post tes sebesar 83,95 sedangkan dengan menggunakan model ceramah bervariasi diperoleh post tes rata-rata sebesar 75,66. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar sejarah yang signifikan pada pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division)pada pokok bahasan perkembangan pergerakan nasional di Indonesia. Sehingga disarankan pembelajaran STAD (Student Teams Achevement Division) perlu dilaksanakan oleh guru. Dalam pembelajaran, guru perlu melibatkan siswa secara langsung agar terjadi interaksi yang baik dalam proses belajar mengajar sehingga mampu menciptakan suasana kelas yang kondusif dan berpengaruh juga terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, STAD (Student Teams Achievement Division), Hasil Belajar Sejarah
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2011 02:30
Last Modified: 19 Oct 2011 02:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5473

Actions (login required)

View Item View Item