PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH DI PRIMAGAMA SEMARANG


Insan Fatriah, 1201418053 (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH DI PRIMAGAMA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201418053 - INSAN FATRIAH.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar untuk mencapai target hasil belajar terutama pada ranah kognitif membuat keresahan bagi orang tua. Layanan bimbingan belajar memberikan kemudahan bagi yang mengalami kesulitan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) persentase layanan bimbingan belajar; (2) persentase hasil belajar ranah kognitif; (3) pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap hasil belajar ranah kognitif; (4) besarnya pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap hasil belajar ranah kognitif. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan memberikan angket melalui link google form pada sampel penelitian. Teknik sampling menggunakan cluster sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 78 peserta didik tingkat sekolah menengah di Primagama Semarang dari 3 area yang terpilih. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistika inferensial analisis regresi linear sederhana. Penelitian menunjukkan hasil (1) persentase layanan bimbingan belajar sebesar 87,46%; (2) persentase hasil belajar ranah kognitif sebesar 58,58%; (3) nilai Fhitung > Ftabel (40,481 > 4,00) dan persanaan regresi Y = 15,314 + 0,495 X; (4) nilai R Square 0,348 dan Adjusted R Square 0,339. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan (1) persentase layanan bimbingan belajar (87,46%) terkategori sangat baik; (2) persentase hasil belajar ranah kognitif (58,58%) terkategori cukup; terdapat pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap hasil belajar ranah kognitif pada peserta didik tingkat sekolah menengah di Primagama Semarang dengan hasil Fhitung > Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 40,481 > 4,00; (4) pengaruh layanan bimbingan belajar Primagama sebesar 34,8% mempengaruhi 33,9% hasil belajar ranah kognitif menunjukkan bahwa peningkatan layanan bimbingan belajar diikuti meningkatnya hasil belajar ranah kognitif. Saran yang peneliti berikan antara lain (1) perlunya peningkatan kualitas pelayanan bimbingan belajar dalam hal menunjukkan cara mempelajari dan menggunakan buku pelajaran, menunjukkan cara menghadapi kesulitan pada mata pelajaran tertentu, membantu menyelesaikan tugas sekolah, membantu dalam persiapan ujian, membantu dalam pembagian jadwal dan waktu belajar agar meningkatkan hasil belajar ranah kognitif peserta didiknya khususnya pada aspek analisis, sintesis, dan penilaian; (2) perlunya menerapkan pelayanan bimbingan belajar dengan pendekatan individual agar lebih mengetahui karakteristik peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Layanan Bimbingan Belajar, Primagama, Ranah Kognitif.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:29
Last Modified: 06 Jan 2023 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54728

Actions (login required)

View Item View Item